MUJAHIDDAKWAH.COM, MAJENE – Lembaga Zakat Nasional Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) bangun hunian sementara (Huntara) untuk warga Majene, Sulawesi Barat. Hunian sementara ini dibangun untuk membantu warga penyintas bencana gempa Sulawesi Barat beberapa bulan yang lalu.

“Program yang sedang berjalan, pembangunan hunian di beberapa lokasi terdampak,” kata Manajer Kesehatan dan Kemanusiaan, Hariansyah, Selasa (16/3/2021).

Huntara saat ini sudah dibangun di dua Kecamatan yang berbeda, Ulumanda dan Malunda. Bangunan berbahan dasar baja ringan, calsiboard, spandek, holo dan bata ringan ini dibangun dengan ukuran 3 x 6 meter.

Relawan WIZ Supriadi mengatakan, proses pembangunan satu unit huntara memakan waktu 4-5 hari kerja. Dengan manajemen kerja memanfaatkan warga lokal, Supriadi berharap bisa menjadikan huntara ini sebagai sumber pemasukan warga sekitar.

“Jadi yang kerja adalah warga lokal. Alhamdulillah sekali jalan dua manfaat bisa didapatkan insyaallah,” tukasnya.

WIZ menyediakan beberapa jenis hunian, disesuaikan dengan kebutuhan di sana, antara lain mereka menyediakan hunian yang disesuaikan dengan lahan warga. Rencananya, hunian yang telah jadi akan dimanfaatkan warga sebagai tempat tinggal hingga 4 tahun kedepannya. WIZ menargetkan 100 unit huntara di wilayah Sulawesi Barat.

Najamuddin (46 tahun) salah seorang penerima manfaat mengatakan bahwa bantuan ini sangat urgen bagi keluarganya. Semenjak rumahnya rubuh, ia tinggal di kamp pengungsian dengan keadaan yang sangat terbatas.

Sampai saat ini relawan WIZ masih tersebar di seluruh penjuru Mamuju dan Majene. Beberapa kegiatan dakwah dan sosial masih berlanjut hingga sekarang.

Laporan: Humas WIZ
Editor: Muhammad Akbar

Tinggalkan Balasan