MUJAHIDDAKWAH.COM, SINJAI – Muslimah Wahdah Daerah Sinjai (MWD Sinjai) menggelar Semarak Dzulhijjah Virtual yang diadakan secara online melalui aplikasi Zoom, dengan mengangkat tema “Napak Tilas Keteguhan Keluarga Nabi Ibrahim” yang diadakan pada Ahad 11 Juli 2021 tepat pada 1 Dzulhijjah 1442 H. Ahad, (11/07/2021).

Ketua Muslimah Wahdah Sinjai, Miftahul Jannah, S.Si., S.Pd mengajak para muslimah untuk mengingat kembali kisah keteguhan keluarga Nabi Ibrahim alaihissalam.

“Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah bagaimana kita diingatkan kembali tentang keutamaan bulan Dzulhijjah dan bagaimana kita bisa mengambil pelajaran dari potret keteguhan keluarga Nabi Ibrahim alaihissalam. Keteguhan iman, kesabaran dari seorang ayah, ibu, dan anak dalam menjalankan perintah Allah subhanahu wa ta’ala sehingga diberikan derajat yang tinggi di hadapan Allah dan diabadikan kisahnya dalam Al-Qur’an. Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari kisah ini dan berusaha mencontohkan dalam kehidupan kita,” ujarnya.

Ibu Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, S.P., M.Sp yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat tepat dilaksanakan dengan tema tersebut karena relevan dengan kondisi kita saat ini di tengah pandemi.

“Hadirin yang saya hormati, sesuai tema kali ini Napak Tilas Keteguhan Nabi Ibrahim sangatlah tepat untuk kita bahas pada kesempatan kali ini. Alhamdulillah lewat inisiatif Muslimah Wahdah Islamiyah Daerah Sinjai masih panjang perlu untuk memberikan edukasi dan pemahaman bahwa kita sebagai umat Islam meskipun saat ini dalam keterbatasan pandemi virus corona namun untuk kita mengambil keteladanan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail alaihissalam maka nilai-nilai tarbiyah dari keduanya semakin relevan di tengah pandemi covid-19. Keteladanan pertama dari Nabi Ibrahim alaihissalam adalah senantiasa menguatkan doa kepada Allah subhanahu wa ta’ala,” tegasnya.

Nabi Ibrahim alaihissalam mendapat julukan khalilullah karena begitu disayang oleh Allah subhanahu wa ta’ala karena ketaatannya menjalankan segala perintah. Tidak hanya menjalankan segala perintah Allah subhanahu wa ta’ala namun Nabi Ibrahim alaihissalam juga lulus dalam menjalani segala ujian bagaimana kisah Nabi Ibrahim alaihissalam yang dibakar dihidupkan kemudian api yang membakarnya berubah menjadi dingin.

“Ini merupakan kisah teladan dan bukti bahwa Allah subhanahu wa ta’ala akan membalas ketaatan hamba-Nya dengan hal atau mukjizat yang lebih besar, selain itu berkurban juga merupakan kisah dari teladan Nabi Ibrahim alaihissalam dan begitu taat pada perintah Allah subhanahu wa ta’ala,” tambahnya.

Selain itu, pemateri Iriany La Mareto, A.Md. memaparkan materinya sesuai dengan tema dari Semarak Dzulhijjah Virtual yang terdiri atas lima poin.

“Pertama, urgensi mempelajari bulan Dzulhijjah. Kedua, keutamaan bulan Dzulhijjah. Ketiga, amalan-amalan utama di bulan Dzulhijjah. Keempat, keteladanan Nabi Ibrahim alaihissalam. Terakhir, hukum-hukum seputar ibadah qurban,” ungkapnya.

Laporan: Mutmainnah Jufri
Editor: Muhammad Akbar

Tinggalkan Balasan