MUJAHIDDAKWAH.COM, JAWA BARAT – Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA Makassar) dan DPP Wahdah Islamiyah mengadakan Tabligh Akbar Spesial dengan tema Jembatan Emas Surga dan Kemuliaan Umat yang dilakukan secara Virtual Online pada Ahad, 2 Mei 2021.

Dalam kegiatan Tabligh Akbar ini KH. Abdullah Gymnastiar menyampaikan beberapa nasihat kepada seluruh peserta utamanya diakhir bulan Ramadhan ini, untuk memperbanyak introspeksi diri dan banyak beramal baik dengan badan dan hati.

“Banyak yang beramal dengan badan tapi tidak beramal dengan hati. Akhirnya bagaikan seperti jasad yang tanpa ruh. Makanya kita berharap mati dengan keadaan atau qalbun salim. Dan terus memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik,” ujarnya.

Bulan Ramadhan seharusnya menjadi bulan Tarbiyah dan Tazkiyah bagi diri setiap muslim. Apalagi di 10 akhir Ramadhan, adalah kesempatan terbaik untuk membersihkan hati dan jiwa kita.

“Sepuluh hari Ramadhan ini, mari kita bersihkan hati dan jiwa kita. Dan bersungguh-sungguh dalam mencek penyakit hati dan diri kita. Dengan menjauhi sifat sombong, merasa paling benar, meremehkan orang, mencaci dan lainnya. Agar kita meraih posisi yang terbaik disisi Allah. Sebab apa yang ada dalam hati kita atau yang kita niatkan diketahui oleh Allah,” tegasnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid Jawa Barat tersebut memberikan 5 tips untuk menjadi bahan evaluasi bagi diri-diri kita diakhir Ramadhan tahun ini.

“1. Foto diri kita? Apakah kita akan menjadi penghuni syurga atau penghuni neraka.

2. Memiliki cermin diri? Dengan memberikan atau apa2 yang kekurngan yang kita miliki.

3. Memiliki guru yang membina kita dan menyampaikan segala kesalahan dan kekurangan kita.

4. Memanfaatkan orang yang menghina kita untuk menjadi bahan evaluasi dan perbaikan diri kita.

5. Mentafakkuri setiap peristiwa yang ada dikehidupan atau sekitar kita.

Semoga kita memberikan perhatian yang serius terhadap kondisi jiwa dan hati kita, agar kita rajin untuk mengecek kondisi hati dan jiwa kita apakah nantinya termasuk penghuni syurga atau penghuni neraka,” tuturnya.

Reporter: Muh Akbar
Editor: Admin MDcom

Tinggalkan Balasan