MUJAHIDDAKWAH.COM, MAKASSAR – Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar sukses menggelar Tablig Akbar dan Kuliah Perdana pada Senin 25 Jumadilakhir 1442 H (08/02/2021). Acara yang mengangkat tema “Bersama STIBA Kita Wujudkan Indonesia Berkah” berlangsung daring. Peserta yang hadir melalui saluran Youtube STIBA TV dan Zoom mencapai 2.300 lebih. Dengan menghadirkan narasumber Dr. K.H. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A.

Dalam Tabligh Akbar tersebut juga di adakan penggalangan dana untuk Pembangunan Asrama Putri STIBA Makassar. Keberadaan asrama adalah hal yang penting dalam institusi pendidikan, khususnya yang menerapkan pembinaan bukan semata-mata pengajaran di kelas.

“STIBA Makassar adalah institusi yang diharapkan berperan dalam memberi kontribusi signifikan di dalam mewujudkan Indonesia berkah. Hal ini merupakan harapan dan cita-cita bangsa sejak dahulu. Bahkan ditegaskan oleh para pendiri negeri tercinta ini sehingga disebutkan dalam cita-cita luhur bangsa yaitu mewujudkan “baldatun thayyibatun warabbun ghafur”. Negeri yang makmur, penduduknya sejahtera, dalam rida dan ampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala,” ujarnya di awal materi Tabligh Akbar tersebut.

Ustaz Zaitun mengatakan bahwa siapapun yang berakal sehat bahkan nonmuslim sekalipun mengharapkan Indonesia berberkah.

“Indonesia berberkah adalah sebuah gambaran sebuah negeri yang makmur penduduknya, sejahtera, dan di dalamnya kehidupan yang harmonis yang bahkan romantis tetapi tetap dinamis. Hal ini merupakan perwujudan berkah Allah Subhanahu wa Ta’ala yang akan membawa pada kehidupan dengan kedamaian, ketentraman, dan persaudaraan,” ungkapnya.

Melimpahnya kemudahan di negeri ini menjadikan hal tersebut seolah-olah telah membawa penduduknya kepada sebuah surga di dunia ini sebelum surga di akhirat kelak.

“Kenapa saya sebut surga atau sekeping surga di dunia ini? Sebab banyak ulama, tokoh yang telah berkunjung ke Indonesia menyatakan hal tersebut. Mereka mengatakan bahwa Indonesia adalah “qith’atun minaljannah” (sepotong surga) di dunia dengan melihat keindahan dan kesuburan alamnya, dengan sungai-sungai dan lautan luas, gunung, hijaunya pepohonan lebat dan berbagai keindahan lain,” tutur Ketua Umum Wahdah Islamiyah tersebut.

Di samping itu, penduduknya juga terkenal ramah dan selalu cenderung kepada kebaikan. Apalagi jika mereka adalah manusia-manusia yang benar-benar beriman yang penuh ukhuwah dan persatuan.

Ustaz Zaitun menguraikan makna kata berkah yang diserap dari bahasa Arab. Menurutnya, berkah secara umum adalah kebaikan. Lebih tepatnya disebut sebagai al-khairul Ilahi, kebaikan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalam kesempatan tersebut, Ustaz Zaitun menerangkan apa saja tingkatan berkah, hakikat serta kunci-kunci meraih keberkahan. Tabligh Akbar dan Kuliah Perdana ini juga dirangkaikan dengan peluncuran penggalangan dana untuk pembangunan asrama mahasiswi.

Pembangunan asrama ini diprediksi akan menelan biaya sebesar sepuluh milyar rupiah. Panitia membuka kesempatan kepada seluruh kaum muslimin untuk berkontribusi dalam pembangunan asrama ini. Bantuan dapat diserahkan langsung ke panitia pembangunan di Kampus STIBA Makassar maupun melalui transfer ke nomor rekening khusus pembangunan.

Salurkan donasi Anda melalui rekening: BSM (451) 7171712027 an. Pembangunan Kampus STIBA. Informasi dan konfirmasi bukti transfer donasi melalui narahubung: HP. 082347816785 (Muh. Isra Syarif).

Laporan: Syahrul
Editor: Muh Akbar