MUJAHIDDAKWAH.COM, BOGOR – Alhamdulillah akhirnya dalam waktu dua tahun enam bulan, Aziz, santri asal Garut berhasil menyelesaikan hafalan 30 Juz Al-Qur’an.

Ananda Azis saat ini menempuh pendidikan di SMA Al-Qur’an Wahdah Islamiyah Cibinong Bogor kelas XII. Azis merasa senang dan bahagia karena dengan semangat dan antusiasnya berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur’annya.

Anak ke-3 dari tujuh bersaudara ini ingin setelah selesai hafalan akan mengabdi dulu di pondoknya.

“Keinginannya juga ingin membahagiakan orangtua dan juga biar bisa memperbaiki hafalan dan melancarkan bacaan,” ujarnya.

Ayahnya seorang wiraswasta dan ibunya adalah buruh tani kecil dan ibu rumah tangga di Garut, tapi semangat Aziz untuk membahagiakan kedua orangtuanya sangat besar.

“Insyaallah mahkota akan kami berikan ke Ibu bapak kami kelak di akhirat” harapnya.

Aziz bercita-cita ingin lanjut memperdalam ilmu agama. “Kepingin mau belajar di Universitas Islam Madinah di Saudi Arabia, atau ke Al Azhar Mesir,” ujarnya.

Selama di pondok, Aziz melakukan setoran hafalan selama empat kali yaitu habis Shubuh, waktu Dhuha, habis Ashar dan habis Isya’.

“Biasanya perhari bisa setor hafalan satu halaman, tapi kadang juga bisa dua halaman atau satu lembar, karena sekarang berada di kelas XII jadi harus buru target dan bisa setor hafalan empat halaman atau dua lembar,” tuturnya.

Saat masuk pertama kali di pondok ini sebenarnya bekal hafalan Aziz hanya beberapa surat pendek di Juz Amma dan juga lima ayat pertama surah Al Anfal. Di kelas X berhasil menyelesaikan 10 Juz. Lanjut di kelas XI berhasil menambah hafalan 19 Juz. Dan saat ini di Kelas XII kurang lebih enam bulan berhasil diselesaikan 30 Juz.

Aziz berpesan kepada teman-temannya agar bersungguh-sungguh menghafal Al-Qur’an. Kelak Al-Qur’an akan menuntun kita dunia dan akhirat.

“Mari berlomba-lomba pada kebaikan, mari kejar akhirat dan tidak lupa urusan dunia dan juga tetap istikamah,” tandasnya.

Laporan: Anwar Aras
Editor: Muhammad Akbar