Pidato Mahasiswa At-Taqwa, Azzam Habibullah (19 tahun) dalam sambutan wisuda Pesantren At-Taqwa Depok. (24/7/2021).

MUJAHIDDAKWAH.COM, DEPOK – Pesantren At-Taqwa Depok sukses menggelar acara Wisuda Santri Tahun Ajaran 2020/2021 di lapangan Ponpes At-Taqwa. Pada tahun ini, Ponpes At-Taqwa meluluskan 49 santri, di antaranya, 18 santri Shoul-Lin (setingkat SMP), 22 santri PRISTAC (setingkat SMA), dan 9 mahasantri ATCO (setingkat Perguruan Tinggi). Sabtu, (24/04/2021).

Di tengah situasi Covid-19 kota Depok yang masih memprihatinkan, Ponpes At-Taqwa memutuskan untuk tidak mengundang wali santri dalam acara wisuda tahun ini. Sebagai gantinya, panitia menyiapkan siaran langsung melalui platform Zoom. Meski diselenggarakan secara online, acara ini berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Prosesi wisuda diawali dengan kata sambutan dari perwakilan santri. Para santri yang ditunjuk ialah Farros Halim (SHOUL-LIN), M. Irfan Hakim PRISTAC), dan Azzam Habibullah (ATCO).

Ketiga santri tersebut masing-masing menyampaikan pengalaman mereka belajar di Ponpes At-Taqwa. Segala kesan manis dan pahit mereka tuangkan dalam bait-bait pidato tersebut, yang diakhiri dengan rasa terima kasih kepada para guru.

Perwakilan wali santri juga diminta untuk memberikan kata sambutan melalui Zoom. Lewat siaran online, mereka menyampaikan rasa bangga dengan prestasi para wisudawan, dan berterima kasih kepada para guru yang telah membimbing dan mendoakan mereka.

Bapak Anwar, salah satu perwakilan wali santri, mengutarakan rasa harunya setelah mengikuti 6 tahun perjalanan Ponpes At-Taqwa.

“Saya mendoakan semoga At-Taqwa menjadi Pesantren yang senantiasa melahirkan para cendikiawan yang berilmu dan berakhlak mulia,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, profil para wisudawan juga ditampilkan satu per satu. Apa yang ditunjukkkan tidak hanya sekedar perkenalan diri santri, tapi juga prestasi adab dan akademis. Seperti halnya santri PRISTAC yang sukses menarik perhatian para guru dan orang tua, dengan dirilisnya buku kumpulan karya ilmiah mereka, berjudul “Bunga Rampai Pemikiran Santri PRISTAC III.”

Ustadz Dr. Muhammad Ardiansyah, Mudir Pesantren At-Taqwa, di akhir acara berpesan kepada seluruh wisudawan untuk terus mengembangkan adab dan ilmu dalam diri. Sehingga kelak menjadi cendikiawan muslim yang bertakwa dan siap terjun membersamai ummat.

Laporan: Azzam Habibullah
Editor: Muhammad Akbar

Tinggalkan Balasan