MUJAHIDDAKWAH.COM, MAMUJU – Relawan Laznas Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) bergerak cepat menyalurkan bantuan awal tanggap darurat bagi para korban gempa bumi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021).

Terbatasnya akses transportasi dan banyaknya orang yang mengungsi mengetuk empati relawan untuk turun membantu para korban. Bantuan diberikan langsung oleh relawan WIZ yang turun ke lapangan dengan membagikan ribuan makanan siap saji dan sejumlah sembako untuk para korban.

Kordinator relawan Umar Sahaf mengungkapkan bahwa paket bantuan ini merupakan bantuan tahap awal, khususnya pada beberapa hari pertama bencana, dimana kebutuhan makanan siap saji sangat dibutuhkan warga pada masa-masa ini.

“Makanan siap saji sangat dibutuhkan karena masih belum banyak dapur umum, fasilitas darurat belum banyak tersedia, dan banyak aliran listrik yang masih padam,” tambah Umar.

Ia juga mengabarkan, untuk kondisi terkini, sebanyak 12 lokasi terdampak yang tersebar di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene. Ia merinci, Kelurahan Malunda, Kelurahan Lamungan Batu, Desa Kayuangin, Desa Lombong, Desa Lombong Timur, Desa Meksel, Desa Mekkatta, Desa Maliaya, Desa Bambangan, Desa Lombang, Desa Lombong Timur, dan Desa Salutahongan.

Umar menambahkan warga masih membutuhkan beberapa bantuan, seperti air mineral, makanan instan, perlengkapan bayi dan balita, perlengkapan mandi, dan bahan bakar.

Sebagaimana diinfokan sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 6,2 skala richter yang mengguncang Sulawesi Barat pada Jumat 15 Januari 2021 dini hari telah mengakibatkan sejumlah bangunan dan rumah warga hancur. Informasi yang diperoleh, relawan WIZ di lokasi menyebutkan sekitar 189 orang mengalami luka berat, 214 luka sedang, sementara 234 orang mengalami luka ringan. Dikabarkan pula 4 orang meninggal dunia.

Laporan: Wawan
Editor: Muh Akbar