JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) terus menyatakan dukungannya kepada rakyat dan bangsa Palestina untuk bersatu padu memperjuangkan hak-hak kemerdekaan mereka. Salah satu wujudnya adalah dengan mendukung pelaksanaan pemilihan umum legislatif di Palestina.

Menurut MUI, memberikan dukungan penuh Pemilu adalah salah satu langkah strategis untuk mewujudkan cita-cita perjuangan tersebut.

“Karena itu harus mendapatkan dukungan dan perlindungan secara maksimal,” ungkap MUI dalam pernyataan resmi yang ditandatangani Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri, Sudarnoto Abdul Hakim dan Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Rabu, 5 Mei 2021.

Sebelumnya, MUI menangkap sinyal kuat bahwa Zionis Isreal tidak rela dan akan berusaha kuat menghalangi kebebasan rakyat Palestina khususnya di al-Quds untuk mengikuti pemilu tersebut. Dengan berbagai cara, otoritas Israel mengintervensi dan bahkan berusaha menggagalkan pemilu khususnya di al-Quds.

Menurut MUI, kata Sudarnoto, apa yang dilakukan oleh pemerintah zionis Israel dan kelompok Yahudi ekstrim selain merusak kedaulatan sosial dan agama warga, juga jelas menunjukkan bahwa pemerintah Israel tidak menunjukkan itikad baik untuk menciptakan perdamaian.

“Sikap arogansi Israel ini harus dihentikan dan karena itu MUI mengecam keras terhadap tindakan-tindakan tersebut,” ungkap Sudarnoto.

Karena itu, MUI menyerukan agar dilakukan berbagai tekanan internasional kepada Israel baik melalui PBB maupun OKI.

Selain itu, Amerika dan bahkan negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa, misalnya, juga mempunyai posisi dan peran yang sangat penting disamping untuk ikut serta meyakinkan dan menekan Israel menghentikan provokasi dan tindakan-tindakan brutal juga mengamankan pelaksanaan Pemilu di Palestina.

“Secara khusus kepada pemerintah Indonesia yang selama ini secara terus menerus dan konsisten membela perjuangan rakyat dan bangsa Palestina, MUI memberikan apresiasi dan mendorong untuk terus melakukan langkah-langkah penting dan menentukan melalui berbagai forum internasional bagi pelaksanaan Pemilu yang damai di Palestina,” pungkasnya.

Laporan: Farah/Suara Islam
Editor: Muhammad Akbar

Tinggalkan Balasan