MUJAHIDDAKWAH.COM, BULUKUMBA – Kegiatan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang jatuh pada tanggal 20 Desember 2020 ini dijadikan sebagai hari bakti bagi Karang Taruna Bina Bangsa Desa Anrang. Melalui HKSN, Karang Taruna Bina Bangsa membentuk kepanitiaan “Bakti Sosial memperingati HKSN dengan tema “Satu Langkah Kecil denngan Kepedulian yang Besar”.

Memperingati HKSN tahun 2020 ini, Karang Taruna Bina Bangsa melaksanakan 4 Kegiatan antara lain, 1) Pengukuhan Unit Teknis Bina Bangsa Berbagi yang telah dilaksanakan dengan baik, 2) Pemberian paket sembako secara simbolis di Kator Desa Anrang dan pendistribusiannya ke Warga penerima manfaat juga sudah dilaksanakan hari ini, 3) Pemberian apresiasi tokoh teladan di Desa Anrang yang juga dalam 2 versi yaitu secara simbolis dan kunjungan untuk penyerahan langsung 4) bedah rumah yang pengerjaannya mulai dilaksanakan hari ini (20 desember 2020) dan akan rampung dalam 1 pekan.

Seremonial Pembukaan di laksanakan di Balai Kantor Desa Anrang, Pembukaan diisi dengan berbagai rangkaian acara antara lain, pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci alquran, menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Karang Taruna, laporan ketua panitia, Sambutan Ketua Karang Taruna Bina Bangsa Desa Anrang, Sambutan Ketua Dewan Pertimbangan Senior Karang Taruna Bina Bangsa, Sambutan Bhabinsa Desa Anrang, sambutan Kepala Desa Anrang sekaligus membuka acara “Bakti Sosial memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional”, Pembacaan Do’a, acara hiburan dan penutupan acara pembukaan.

“Kegiatan ini terselenggara atas dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah desa, BPD, warga dan juga dari iuran pengurus. Dari seluruh capaian panitia yang luar biasa ini saya ucapkan terima kasih,” ungkap, Ilham Ketua Panitia baksos Karang Taruna Bina Bangsa memperingati HKSN 2020.

Sementara itu, terdapat 4 sambutan dalam kegiatan pembukaan ini, antara lain: Sambutan pertama oleh ketua umum karang taruna Bina Bangsa Desa Anrang oleh Diawan Cahyawan. Ia menyapa seluruh hadirin dengan penuh semangat bahwa kegiatan ini harus dilandasi dengan semangat yang besar.

“Hadirin ada yang jomblo?” kata Diawan kemudian melanjutkan, “tidak perlu malu kalau kita jomblo tapi malulah kalah kita tidak setia kawan,” katanya dalam memperingati momentum Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini.

“Untuk mewujudkan kesetiakawanan sosial seperti ini, jangan hanya berlaku 1 kali dalam setahun! Akan jauh lebih baik jika dilakukan setiap 3 bulan sekali atau lebih sering,” lanjut Diawan menyemagati hadirin.

Ketua Dewan Pertimbangan Senior (DPS) Karang Taruna Bina Bangsa juga memberikan sambutan pada momentum HKSN kali ini. melalui kesempatannya, Syahrir (ketua) yang akrab disapa kak Asok itu mengatakan.

“Aksi berbagi sudah ada sejak zaman Nabi. Mari kita jadikan itu sebagai teladan. Kemudian saya tekankan bahwa yang namanya aksi sosial tidak boleh hanya saat ada momentum HKSN saja, kalau perlu kita laksanakan setiap hari,” pungkasnya.

Babinsa Desa Anrang yang belum 1 bulan bertugas di Desa Anrang juga diundang untuk memberikan sambutan. Apresiasi dan dukungan bahkan ditunjukkan untuk memperkuat kegiatan bakti yang diusung oleh Karang Taruna Bina Bangsa Desa Anrang.

“Bhabisa sudah terbiasa dengan kerja bakti seperti perbaikan masjid, bedah rumah dan kerja sosial lainnya. Jadi untuk kegiatan kita kedepannya silahkan bersurat ke Danramil biar bisa sama-sama terlibat dalam bedah rumah untuk warga tidak mampu yang akan dilaksanakan nanti,” ungkap Sertu Sukirman.

Poin lain yang diungkapkan oleh Bhabisa Desa Anrang adalah Indonesia masih sangat kuat, tidak bisa dikalahkan dengan jalur perang. Justru yang menghancurkan kita adalah dengan cara lain seperti narkoba. Basi kita jaga bangsa ini dengan menjauhi narkoba.

“Kami berterima kasih karena kegiatan seperti ini terlaksana dan diwujudkan oleh pemuda Karang Taruna. Saya berharap amal jariah atau kegiatan mulia ini terus berlanjut,” ungkap Bahtiar, S.Sos selaku Kepala Desa Anrang.

Lebih Lanjut, Bahtiar mengatakan bahwa Desa Anrang memiliki potensi yang sangat besar mulai dari sektor pertanian dan yang lainnya.

“Desa Anrang memiliki potensi yang luar biasa baik yang belum tentu dimiliki oleh desa lain. Salah satunya adalah potensi pertanian, silahkan manfaatkan itu mulai dari cocok tanam, distribusi hingga niaga biar hasilnya bisa disisihkan untuk amal sholeh seperti kegiatan hari ini,” tegasnya.

Laporan: Abdul Haris
Editor: Amrul Hidayat

Tinggalkan Balasan