Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas segala rahmat dan karunia-Nya hingga detik ini kita masih merasakan nikmanya iman dan Islam dalam diri kita. Menjadi bagian dari para pejuang agama-Nya, semoga kita senantiasa istiqomah dalam menebar cahaya Islam kepada seluruh ummat manusia.
Peradaban Islam adalah peradaban yang penuh dengan keemasan. Peradaban yang sangat panjang, lebih dari seribu tahun lamanya yang semuanya bermuara dari manusia terbaik yaitu Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam.
Sejarah perjuangan dalam menebarkan cahaya Islam telah memberikan banyak kemuliaan bagi para pengusungnya. Bermula dari Rasulullah, Para Sahabatnya, Tabi’in, Asbaut Tabi’in hingga para ulama yang ada diberbagai belahan dunia sampai pada Nusantara.
Memahami akar sejarah perjuangan para ulama dalam menebarkan cahaya Islam adalah sebuah kewajiban bagi para pejuang dakwah, karena sejarah adalah sumber inspirasi dan motivasi untuk tetap kokoh dalam langkah perjuangan. Karenanya, pada tulisan singkat ini akan mengulas salah satu Ulama Besar Indonesia atau Nusantara yakni Syaikh Muhammad Mukhtar Atharid Bogor. Semoga kita bisa mengambil manfaat dan semangatnya menuntut dan mengajarkan ilmu serta perjalananya dalam memperjuangkan Islam.
Beliau adalah Syaikh Muhammad Mukhtar bin Atharid Al-Batawiy Al-Buguriy Al-Makkiy Asy-Syafii. Beliau berasal dari kabilah Betawi, tetapi tempat lahir dan asalnya di Kota Bogor.
Syekh Mukhtar lahir di Kota Bogor pada tahun 1278 H / 1862 M. Sejak kecil beliau sudah mulai menutut ilmu di hadapan ulama Bogor. Beliau lalu menamatkan hafalan Al-Quran dan banyak matan fikih, nahwu, dan lainnya, lantaran beliau memiliki kekuatan hafalan di atas rata-rata.
Beliau juga melakukan rihlah menuntut ilmu ke Betawi atau Jakarta untuk belajar di bawah bimbingan Mufti Betawi, Syekh Abdullah bin Aqil bin Yahya. Di hadapan beliau, Syekh Mukhtar menyetorkan berbagai hafalan matan-nya, seperti Mulhah Al-Irab, Alfiyyah Ibni Malik, Qathr An-Nada, beberapa matan fikih Syafii dan lainnya.
Lalu beliau melakukan safar ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji dan menetap disana. Di kota Mekah, beliau terus melanjukan menuntut ilmunya. Beliau kemudian belajar fiqih pada Syekh Abu Bakr Syatha dan Syekh Ahmad Nahrawiy Banyumas, dan belajar hadits pada Syekh Muhammad Said Babushail dan Sayid Husain bin Muhammad Al-Habsyiy. Juga menghadiri kajian Syekh Muhammad Hasbullah Al-Makkiy dan bidang ilmu tafsir, hadits dan fiqih.
Di samping itu, beliau juga melakukan rihlah ke Kota Madinah Munawwarah untuk menimba ilmu dari para ulama di Masjid Nabawi, di antaranya Syekh Muhammad Amin Ridwan Al-Madaniy. Beliau juga sangat rajin menghadiri kajian para ulama dunia Islam yang berziarah ke Kota Mekah serta meminta ijazah sanad riwayat dari mereka,seperti Syekh Muhammad bin Abdul Kabir Al-Kattaniy,Sayid Muhammad bin Ja’far Al-Kattaniy, dan Sayid Abdul Hayy Al-Kattaniy.
Beliau lalu menjadi ulama pengajar di Masjidil Haram, juga membuka kajian di rumahnya, atas rekomendasi dari guru-gurunya yang merupakan ulama Kota Mekah. Beliau lalu memberikan kajian dalam berbagai bidang ilmu, seperti nahwu, sharaf, balaghah, fikih dan hadits. Rumah kediamannya beliau jadikan seperti madrasah yang dihadiri oleh murid-muridnya setiap pagi dan sore. Adapun kajiannya di Masjidil Haram pada pagi dan sore hari maka dihadiri ratusan penuntut ilmu. Sementara itu, kajiannya antara maghrib dan isya dihadiri lebih dari 400 orang, dari kalangan para ulama dan para penuntut ilmu senior.
Di antara murid-murid beliau yang kemudian kelak menjadi para ulama handal di bidangnya masing-masing adalah Syekh Sulaiman Palembang, Sayid Muhsin Al-Musawa Palembang, Syekh Muhammad Ahyad Bogor, Syekh Abdurrahman Al-Mudarisiy, Syekh Abdussattar Ad-Dahlawiy, dan Sayid ‘Alwiy bin ‘Abbas Al-Malikiy. Namun, murid beliau yang paling sering bermulazamah pada beliau dan menjadi penggantinya kelak untuk mengajar di Masjidil Haram adalah Syekh Muhammad Ahyad Bogor.
Di antara jasa Syekh Mukhtar Bogor ini adalah beliau dahulu sering kali membantu para penuntut ilmu yang kekurangan baik dari kalangan murid-muridnya ataupun bukan. Beliau selalu mengorbankan hartanya sendiri untuk itu, bahkan sebagian rumah kediamannya beliau serahkan untuk dijadikan tempat tinggal oleh sebagian muridnya.
Karena keluasan ilmunya dalam bidang fikih, beliau terkenal sebagai salah satu ulama fikih Masjidil Haram yang menjadi rujukan di pertengahan abad ke 14 H. Beliau juga diberikan pujian tinggi oleh banyak ulama, di antaranya muridnya sendiri, Syekh Abdussattar Al-Hindiy dalam buku Faidh Al-Malik Al-Wahhâb, dan Syekh Zakarya Bilah dalam Al-Jawâhir Al-Hisân, mereka berdua menyifati beliau sebagai “Salah satu figur ulama Jawa di Mekah yang menjadi teladan”.
Sementara itu,Syekh Muhammad Yasin Padang, menjuluki beliau dengan “’Allâmah (ulama besar), Muhaddits, fakih, ahli falak,pengajar di Masjidil Haram”. (Bulugh Al-Amani, hal. 39).
Beliau meninggalkan beberapa karya tulis, di antaranya:
1. Ittihâf As-Sâdah Al-Muhadditsîn bi Musalsalât Al-Arba’în.
2. Taqrib Al-Maqshad fi Al-‘Amal bi Ar-Rub’i Al-Mujib.
3. Tsabat Jam’i Asy-Syawârid min Marwiyyât Ibni ‘Athârid.
4. Manhal Al-Mawârid fi Syuyûkh Ibni ‘Athârid.
5. Wasîlah Ath-Thullâb.
Beliau wafat di Kota Mekah Musyarrafah,pada tanggal 17 Rajab tahun 1349 H, atau sekitar 8 Desember tahun 1930 M, dan dimakamkan di pemakaman Ma’lâh, di dekat makam Imam Mazhab Syafi’iyah, Syekh Ibnu Hajar Al-Haitamiy Al-Makkiy rahimahumallâh.
Semoga Allah menerima amalan beliau dan mengampuni segala dosa-dosanya serta menjadikan kita semua sebagai penerus dakwah dan perjuangan dakwah beliau.
Demikian kami susun biografi singkat dari Syaikh Muhammad Mukhtar Atharid Bogor, semoga menjadi inspirasi dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Nantikan Biografi Ulama-Ulama Nusantara lainnya yang akan diterbitkan rutin di website mujahiddakwah.com pada Jum’at pagi setiap pekannya. Terima kasih…
***********
Bersambung, Insya Allah…
Referensi: Buku 100 Ulama Nusantara Di Tanah Suci yang ditulis oleh Ustadz Maulana La Eda, Lc., MA
Demikian Semoga Bermamfaat…
@Wallahu ‘alam bishowab…
Artikel: www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)