MUJAHIDDAKWAH.COM, MAKASSAR – Ketua Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Sulawesi Selatan, H. Muhammad Iqbal Djali, Lc., menyampaikan ucapan selamat Hari Santri Nasional 2020 kepada para santri di seluruh pelosok Nusantara, baik yang sudah menjadi alumni atau pun yang masih dan akan mondok.

“Anda dan kami semua bangga menjadi seorang santri. Kita bangga menjadi seorang santri, karena santri bukan sekadar santri,” ujar Ustaz Ije, saat tampil di Studio Iqbal Djalil Channel, Jalan Anggrek, Kota Makassar, Rabu (22/10/2020).

Menurut ketua Yayasan Buq’atun Mubarakah Pondok Pesantren Darul Aman Gombara Makassar itu, perlu dipahami bahwasanya pondok pesantren yang melahirkan para santri dan santriwati telah menjadi garda terdepan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Olehnya, Ustaz Ije mengajak kepada para kalangan santri untuk menikmati kemerdekaan tersebut dengan mengisinya dengan kontribusi yang positif, memberikan sumbang saran dan memainkan peran dalam rangka pembangunan bangsa yang lebih bermartabat.

Berkaitan dengan tema Hari Santri Nasional 2020 “Santri Sehat, Indonesia Kuat”, yang diusung kali ini, mantan anggota DPRD Kota Makassar dua periode itu, menjelaskan bahwa santri sehat tidak hanya dilihat dari sehat fisik dan jasmaninya, tetapi yang lebih penting daripada itu adalah santri yang sehat pikirannya, sehat karakternya dan harus sehat moral, karena itu akan menjadi dasar bagi seorang santri untuk melakukan hal-hal yang positif bagi negara ini.

Selain itu, Ustaz Ije berpesan kepada para santri yang sudah berkiprah di level legislatif, eksekutif dan yudikatif agar tetap memerankan diri sebagai seorang santri, karena itu sudah menjadi bagian dalam mengisi kemerdekaan.

“Jangan pernah merasakan pesimis dengan keberadaan kita sebagai santri, karena terkadang kita merasa terkucilkan sebagai seorang santri. Terkadang kita merasa termarjinalkan sebagai seorang santri. Sekali lagi, saya pesankan bahwa Anda, para santri adalah kalangan telah mengambil peran dalam pembangunan bangsa ini. Kita harus yakin bahwa santri adalah orang pertama yang berada di garda terdepan mengisi kemerdekaan,” terangnya.

Perayaan Hari Santri Nasional 2020 di bawah komando Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) Sulawesi Selatan akan dipusatkan di Kabupaten Bantaeng, Kamis, 22 Oktober 2020, dan Ustaz Ije akan datang dan turut memeriahkan serta memberikan kalimat sambutan selaku ketua DPW IPI Sulawesi Selatan.

Lapoan: Irfan
Editor: Muh Akbar