Dalam sebuah pendidikan diharuskan ada Orientasi atau pandangan utama agar berjalan sesuai cita-cita yang diinginkan, di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor ada empat Orientasi utama dalam memfokuskan arah pondok akan lari kemana diantaranya sebagai berikut.

Pertama, Kemasyarakatan yaitu segala totalitas kehidupan yang ada dalam pondok pesantren berbasis sosial interaktif (kemajemukan yang saling berkomunikasi), dengan harapan ketika dimasyarakat kelak santri-santri tidak canggung dalam memainkan perannya sebagai pengembali “Adab” dengan wasilah seperti menjadi Guru mengaji di Surau kecil, menjadi Imam di Masjid terdekat, menjadi Guru di Sekolah berbasis Islam maupun di sekolahan umum.

Kedua, Hidup Sederhana, sederhana bukan berarti miskin, dan tidak berarti mendidik atau mengajarkan miskin, makna sederhana adalah penghidupan yang cukup, bersih, dan jujur. Sebaliknya hidup mewah tetapi kurang bersyukur tidak bersih dalam kehidupannya.

Dengan tegas Kiyai Imam Zarkasyi menyampaikan dengan bahasa yang indah: “Biasakanlah hidup sederhana, niscaya kita akan hidup bahagia, dan dapat mengahadapi masa depan dengan kepala tegak, tidak ada rasa cemas atau takut.” (Disampaikan dalam Seminar Pondok Modern seluruh Indonesia di Yogyakarta, pada tanggal 4-7 july 1965). Maka dari penyampain beliau dapat diresapi bahwa kesederhaan adalah sifat wajib bagi santri agar hidupnya tenang dan tentram ketika mengabdi di masyarakat.

Ketiga, Tidak berpartai, Pelajaran dan Pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor sama sekali tidak ada hubungannya dengan suatu golongan atau partai, dengan motto “Pondok berdiri diatas dan untuk semua golongan”, untuk semua golongan bukan berarti tanpa prinsip yang kuat, melainkan harapanya jika santri sudah menjadi Alumni mampu menjadi Perekat Umat bukan pemecah Umat.

Keempat adalah Tujuan utama santri ke Pondok adalah untuk “Tholabul-l-ilmi” bukan menjadi Pegawai, dapat diresapi perkataan Kiyai Imam Zarkasyi bahwasanya santri datang ke pondok bukan memikirkan setelah lulus akan menjadi apa, dapat pekerjaan apa dll dalam urusan dunia, tetapi memasuki Pondok secara “Kaffah” dengan niat menuntut Ilmu lillahi ta’ala, pasti akan diarahkan oleh jalan Allah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak jika sungguh-sungguh dalammenuntut Ilmu. Tidak seperti pemikiran di zaman sekarang sekolah hanya untuk menggapai pekerjaan yang diingankan tanpa memulai niat dengan Tholabul-l-Ilmi.

Kemudian dalam dinamika totalitas kehidupan santri di pondok harus sesuai dengan motto dalam pendidikan Gontor yaitu:

“إنّ تنفيذ التربية الخلقية والعقلية لايكفي بمجرد الكلام، بل لابد أن يكون بالقدوة الصالحة وإيجاد البيئة، وكلّ ما يراه التلاميذ ومايسمعونه من حركات وأصوات في هذا المعهد يكون عاملا من عوامل التربية الخلقية والعقلية”
“التعليم هو مساعدة التلاميذ لإنماء قواهم العقلية والخلقية وتنظيمها حتى يتحلّوا “بالأخلاق الكريمةويستعدّوا لمستقبلهم، فهو ليس مجرد إيصال المعلومات إلى أذهان التلاميذ وصبّ حوافظ النشء بميسائل الفنون والعلوم.”
“والتعلّم هو عملية يمارسها الفرد لتغيير سلوكه…”

Dari empat Orientasi utama dan Motto Pondok Modern dalam Pendidikan setidaknya sangat banyak penekanan terhadap pendidikan pembentukan “Akhlaq”, atau “Adab” atau “Akhlaqul Karimah”, ini menunjukkan bahwa “Adab” dan “Akhlaq” sangat utama dan penting di zaman Millenial ini. Bahwasanya Pendidikan itu bukan hanya penyampain Ilmu Pengetahuan kepada Santri tetapi sebelum itu penekanannya adalah Pendidikan “Adab”, “Ahklaqul Karimah”, “Tarbiyatu-l-Khuluqiyah” agar Ilmu yang didapat menjadi berkah bermanfaat untuk diri sendiri dan orang disekitarnya. Pendidikan Akhlaq adalah suatu solusi yang sangat tepat untuk mengembalikan “Adab” yang telah hilang di Zaman ini.

Dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Gontor jika digabungkan nila-nilai tersebut akan menjadi suatu landasan yang kuat bagi santri-santrinya dalam berkiprah dimasyarakat untuk mengembalikan kembali “Adab” yang telah hilang oleh manusia di Zaman sekarang, lebih khusus lagi bagi Santri di zaman Millenial sangat dipelukan perannya dalam perbaikan MoralBangsa yang semakin hancur terbawa arus Zaman “Edan”. Pendidikan Akhlaq adalah suatu solusi yang sangat tepat untuk mengembalikan “Adab” yang telah hilang di zaman ini.

Sumber / Referensi:

1. Diktat Perkenalan Khutbatul Arsy Jilid 1, Pondok Modern Darussalam Gontor, Darusalam Press.

2. Buku Ushulu-t-tarbiyah wa ta’lim, Kelas 3 KMI PM Gontor

************

Bersambung, Insya Allah…

Penulis: Ustadz Alvin Qodri Lazuardy, S.Ag
(Alumni UNIDA Gontor, Pengasuh PP. Muh. Ahmad Dahlan Tegal dan Kontributor mujahiddakwah.com)

Demikian Semoga Bermamfaat…
@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel : www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)