Maha Suci Allah  yang telah menciptakan segala sesuatu dan hal itu pasti ada maksudnya, serta hal tersebut tak sia-sia jua keberadaanya. Termasuk dalam hal menghadirkan suatu “kegagalan demi kegagalan” di dalam kehidupan hamba-hamaba-Nya. Bagi kita yakni orang-orang sukses, setiap kemunduran, setiap kesalahan, setiap mungkin kebangkrutan dan setiap kegagalan demi kegagalan sejatinya adalah merupakan guru terbaik yang akan mampu mematangkan mental serta akan menjadi bimbingan bagi kita dalam menciptakan sebuah kesuksesan. Sungguh Indahnya di balik kegagalan itu !

Seharusnya kita sudah menyadarinya bahwasanya segala yang dihadirkan itu pasti ada tujuannya, termasuk kegagalan itu sendiri. Oleh karena itu, apabila kita melaksanakan suatu usaha lantas kemudian kita gagal dalam usaha tersebut, maka bersyukurlah karena sesungguhnya kita itu diberi kesempatan yang lebih baik lagi untuk berbenah diri. Pandanglah kegagalan tersebut dari sudut pandang yang positif, maka niscaya kita akan melihat dan merasakan keindahan yang selama ini mungkin terlewatkan dalam pikiran kita, dan kita akan mengetahui betapa indahnya di balik kegagalan itu.

Perjalanan manusia untuk mencapai sebuah impian tidak akan selalu berjalan mulus seperti apa yang ia inginkan, ada masa ketika manusia akan merasakan guncangan batin karena ketidaktercapaian impiannya. Ya, Kegagalan merupakan bagian dari kehidupan manusia, yang tidak seorang pun tahu kapan ia akan datang kemudian mencegahnya.

Namun, kegagalan bukanlah sebuah hal buruk yang menimpa kita, tentu ada hikmah besar yang tersimpan dibalik. Dan berikut ini ada beberapa hikmah dibalik sebuah kegagalan dalam hidup :

1. Kegagalan Adalah Langkah Awal Untuk Mencapai Kesuksesan

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan, tetapi kegagalan bukan berarti jalan terakhir. Kegagalan menunjukan kepada kita bahwa masih banyak kesempatan yang perlu kita perjuangkan, ini hanya langkah awal sebuah petualangan. Ingatlah bahwa orang-orang sukses diluar sana tidak lepas dari sebuah kegagalan yang pernah mereka alami. Namun, mereka mulai bangkit untuk mencapai apa yang ia perjuangkan.

2. Kegagalan Mengajarkan Kita Untuk Bangkit Tanpa Menyerah

Jangan pernah menyerah dan putus asa jika kita gagal, meskipun menyedihkan dan menyakitkan. Kita hanya perlu untuk bangkit, melawan rasa takut dan mengalahkan keputus’asaan, tetap jalani hari dan melakukan yang terbaik. Tidak ada yang salah dengan kalimat “orang gagal”, tetapi hanya orang-orang yang pantang menyerah yang layak untuk menggapai kesuksesan.

3. Kegagalan Adalah Guru Terbaik Yang Bisa Membimbing Menuju Keberhasilan

Pengalaman adalah guru terbaik, begitu pula pengalaman kegagalan kita. Tentu dari kegagalan tersebut, kita akan mendapati penyebab dan langkah yang seharusnya. Kegagalan bukan untuk ditangisi dan disesali, justru merupakan guru terbaik yang menunjukkan langkah selanjutnya. Ingatlah bahwa banyak orang yang bahagia dan sukses karena bercermin dari kegagalan dan menjadikannya sebagai pelajaran yang tidak pernah dilupakan. Bukan meratapi kegagalan itu, namun menjadikannya sebagai batu loncatan untuk mencapai keberhasilan.

4. Kegagalan Adalah Pelajaran Bahwa Kesuksesan Membutuhkan Waktu dan Kerja Keras

Tidak ada jalan pintas untuk mencapai impian dan cita-cita, impian yang kita inginkan tidak dilalui hanya dengan satu langkah, masih banyak langkah untuk menempuhnya. Sedangkan kegagalan adalah bukti bahwa impian membutuhkan waktu, proses, dan kerja keras. Tak akan ada keberhasilan kita capai, tanpa melewati sebuah proses, usaha dan kerja keras yang maksimal.

5. Kegagalan Mengajarkan Kita Untuk Mengerti dan Peduli Pada Orang Lain

Kegagalan yang pernah kita rasakan tentu menyakitkan dan membuat kita putus asa, tetapi dengan itu kita bisa memahami perasaan orang lain ketika kita melihatnya terpuruk dalam kegagalan. Dengan demikian akan terdorong usaha untuk membantu dan peduli padanya, tentu atas dasar bahwa kita melihat diri kita pada orang itu.

6. Kegagalan Adalah Ujian dari Allah untuk Kita Bersabar

Keberhasilan dan kegagalan adalah milik Allah  yang Dia berikan pada kita, bukan karena balasan atau hukuman, tetapi keduanya adalah ujian apakah kita mampu bersyukur atas keberhasilan yang tercapai atau apakah kita mampu bersabar atas kegagalan yang menimpa. Dan tidaklah ujian itu diberikan kepada kita secara percuma-cuma melaingkan ada hikmah dan pelajaran berharga di dalamnya.

7. Kebahagiaan Dalam Keberhasilan Lebih Terasa Nikmat Setelah Mengalami Banyak Kegagalan

Menikmati sebuah keberhasilan setelah mengalami banyak masa kegagalan tentu akan terasa begitu indah, seolah-olah kita merasa tidak percaya, hati merasa sangat lega seperti telah terbebas dari semua beban, begitulah rasanya. Keberhasilan yang didapatkan dengan sebuah proses dan perjuangan yang panjang, menguras tenaga untuk bekerja keras. Akan terasa nikmat dibandingkan sebuah keberhasilan yang mungkin didapatkan karena pemberian orang lain.

Point-point diatas adalah kata kunci bagi kita yang selalu menganggap kegagalan itu adalah akhir dari segalanya. Pada intinya keberhasilan akan kita dapatkan dengan proses yang panjang, penuh dengan pengorbanan (perasaan, waktu, materi dll), usaha dan kerja keras yang maksimal. Sikapilah hidup kita, dimana posisi kita berada dan mulailah untuk melangkah dalam mencapai impian dan cita-cita kita. Man Jadda Wajada.

***********

Bersambung, Insya Allah…

Penulis: Muhammad Akbar, S.Pd
(Penulis Buku, Aktivis Media Islam, Pimpinan Mujahid Dakwah Media, Pendiri Madani Institute dan Pembina Daar Al-Qalam)

Sumber: Buku Meraih Kesuksesan dalam Benih Kegagalan

Demikian Semoga Bermamfaat…
@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel: www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)