Seorang ibu rumah tangga wajib untuk mendidik dan mengurus anak-anaknya, sedangkan I’tikaf hanyalah amalan sunat. Sebab itu, bila anak-anak masih kecil atau sudah agak besar namun tidak ada yang bisa mengurusnya, maka seorang ibu wajib mengurus mereka, dan tidak I’tikaf, karena kewajiban harus diprioritaskan atas amalan sunat.

Bahkan yakinlah bahwa mengurusi anak-anak tentunya lebih banyak pahalanya. Dan mesti anda ketahui bahwa Lailatul-Qadr itu bisa didapat oleh siapapun, baik yang I’tikaf ataupun yang tidak I’tikaf, baik laki-laki ataupun perempuan, yang sakit/haid/nifas ataupun tidak.

Sebab itu, seseorang apalagi wanita atau ibu rumah tangga sangat dianjurkan untuk mengisi malam-malamnya khususnya diakhir-akhir Ramadhan ini dengan banyak ibadah agar ia bisa mendapatkan Lailatul-Qadr, diantara amalan tersebut adalah:

Pertama: Memperbanyak shalat sunat; Shalat tarwih/qiyamullail atau tahajjud/ witir.

Kedua: Banyak berdzikir kepada Allah ta’ala dengan berbagai jenis dzikir yang disyariatkan atau bershalawat kepada Nabi shallallahu’alaihi wasallam.

Ketiga: Banyak bertaubat dan membaca istighfar.

Keempat: Membaca Al-Quran (Bagi yang haid/nifas harus memegang Mushaf dengan pelapis bila membacanya dari Mushaf).

Kelima: Banyak bersedekah.

Keenam: Muhasabah/Intropeksi dan evaluasi diri.

Ketujuh: Banyak berdoa karena Lailatul-Qadr adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, juga merupakan malam penetapan taqdir. Dan bila haid/nifas, maka masih banyak peluang amalan ibadah yang bisa menandingi amalan orang-orang yang I’tikaf yaitu dengan mengerjakan semua amalan yang kami sebutkan diatas kecuali poin pertama yaitu shalat sunat karena wanita haid/nifas tidak boleh mengerjakan shalat.

Bagi anda seorang wanita yang ingin meraih banyak pahala melebihi amalan kaum laki-laki, yang sedang I’tikaf, bisa melakukan amalan-amalan tambahan berikut:

1. Membuat makanan berbuka, atau makanan sahur, atau makan malam untuk orang-orang yang berpuasa atau untuk orang-orang yang I’tikaf termasuk suami anda.

Dengan amalan ini, insya Allah anda akan mendapatkan pahala berlimpah sebagaimana dalam hadis keutamaan memberikan makanan berbuka puasa yang sangat popular.

2. Menuntun anak-anak anda untuk beribadah, mengajarkan mereka Al-Quran, atau hal-hal bermanfaat lainnya.

3. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan disertai banyak dzikir dan doa. 4. dll.

************

Penulis: Ustadz Dr. Maulana Laeda, Lc., MA
(Penulis Buku, Alumnus Ilmu Hadits Universitas Islam Madinah)

Demikian Semoga Bermamfaat…
@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel : www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)