Hadirnya musibah Virus Corrona makhluk yang sangat kecil ini tapi bisa menembus ke seluruh pelosok di muka bumi lintas benua, lautan, gunung, daratan luas dan lintas negara sehingga bisa hinggap pada siapapun yang menimbulkan penyakit parah membawa kematian.

Namun jangan membuat kita dan keluarga rusak aqidahnya kepada Allah. Karena itu didiklah keluarga dengan hal-hal berikut:

1. Mengingatkan bahwa mahluk kecil ini selalu bertasbih dan tunduk pada perintah Allah. Jadi kita harus yakin kepada takdir Allah , karena bahaya atau selamatnya kita tergantung pada takdir Allah.

2. Manusia boleh khawatir dan waspada dari makhluk kecil ini, tapi harus lebih takut kepada Allah dan tdk bermaksiat kpd-Nya.

3. Makhluk kecil ini hadir bukan untuk membuat kita jauh dari Allah, tapi justru kita harus semakin banyak beribadah kepada-Nya.

4. Makhluk kecil ini hadir bukan untuk membuat hidup kita gelisah dan hilang arah, justru dia mengingatkan kita untuk hidup lebih terarah kepada Allah & taat hingga husnul khatimah.

5. Virus ini merupakan cobaan agar kita bisa hidup bersih dengan takwa dan taubat dari hal-hal kotor, najis dan hal-hal terlarang baik ruhani maupun jasmani.

6. Virus ini bukan membuat kita hidup dan mati sia-sia tapi harus membuat hidup dan mati kita mulia dan bahagia di disi Allah Subhanallahu Wa Taala.

7. Virus ini membuat kita harus betah tinggal di rumah bersama keluarga untuk bisa lebih saling mengasihi, mencintai serta saling menjaga agar bisa bahagia di dunia dan di akhirat dalam ridha Allah Subhanallahu Wa Taala

8. Virus ini menyadarkan kita untuk bisa menghidupkan amal berjamaah dan bekerja sama di dalam keluarga baik dalam ibadah kepada Allah maupun dalam memenuhi kewajiban sosial kepada keluarga.

9. Virus yang tidak terlihat tapi kita yakini ada di sekitar kita, mengingatkan kita pada hal-hal gaib seperti alam kubur, hari kiamat dan hari akhirat yg harus kita persiapkan.

10. Virus ini dihadirkan sebagai peringatan dari Allah karena selama ini kita banyak melupakan Allah sebagai Tuhan kita yang harus disembah.

11. Virus kecil ini mengetuk hati kita untuk segera bertaubat dengan taubat nashuha.

12. Virus ini membuat kita yakin hanya bisa bergantung kepada Yang Maha Menjaga dan Maha melindungi yaitu Allah Subhanallahu Wa Taala.

13. Virus ini mendorong kita untuk banyak berdoa dan minta petlindungan kepada Allah.

14. Virus ini mengingatkan kita untuk shalat di awal waktu, gemar shalat sunnah dan berzikir, banyak membaca alquran dan bersedekah serta beristigfar, karena amal-amal tersebut bisa menghapus dosa, mendatangkan pertolongan Allah dan menolak bala serta penyakit.

15. Virus ini mendesak kita untuk bisa mewujudkan kebersamaan, kepedulian dan cinta terhadap keluarga dan sesama.

16. Virus ini mendesak kita untuk menjaga pola hidup yang sehat , bersih dalam segala hal, makanan bergizi baik dan halal, betah tinggal di dalam rumah untuk menjaga kesehatan diri kita, keluarga & masyarakat dari bahaya virus corrona dan menghindarkan penularannya.

17. Virus ini mengajarkan kepada kita untuk mengikuti aturan Allah baik yang sesuai dengan aturan qowliyyah maupun aturan sunnah kauniyyah.

18. Kita harus bisa selamatkan diri kita, keluarga & masyarakat dengan mengerahkan semua potensi untuk bersama-sama mengatasi bahaya virus ini agar semua nyawa terselamatkan.

19. Menghidupkan saling tolong menolong sesama kita dengan doa, dana, tenaga, keahlian dan lain-lain.

20. Melakukan berbagai ikhtiar yang maksimal kemudian pasrah dan tawakkal kepada Allah.

21. Virus kecil ini menjadi bukti bahwa dia hanya makhluk yan dikendalikan oleh Yang Maha Mengatur ( Allah Al Mudabbir ) kepada siapa dia harus hinggap hingga orang itu sakit & wafat atau kembali sehat, kepada siapa dia harus menjauh sehingga orang itu tetap sehat. Maka kita hanya bersandar kepada Allah.

22. Virus ini menyadarkan orang -orang yang ingkar bisa dikalahkan dengan mudah oleh makhluk yang sangat kecil atas kekuasaan Allah.

23. Virus yang sangat kecil ini diutus untuk menegur kita bahwa ada Yang Maha Halus selalu ada dan mengawasi prilaku kita.

24. Virus yang kecil ini menyasar sedikit saja dari orang-orang tertentu yang dipilih oleh Allah utk menjadi ibroh, sedangkan yang dibiarkan hidup lebih banyak karena Allah Maha Ar Rohmaan.

25. Virus ini dihidupkan menjadi penyebab orang-orang yang beriman, taat dan sabar dihapuskan dosa-dosanya dan diangkat derajatnya di akhirat karena Allah Ar Rohiim.

26. Virus corona yang menyeramkan ini menjadi salah satu bukti atas Maha Sayangnya Allah kepada hamba-Nya yang beriman untuk diberikan pahala kesyahidan seperti syahid di medan jihad bagi orang yang mati karena sebab Covid-19  atau orang yang tetap tinggal di dalam rumah untuk menjaga diri dari virus tersebut.

Rasulullah bersabda : “Wabah (Tha’un) itu adalah azab yang Allah kirim kepada siapa yang Dia kehendaki dan Allah jadikan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Tidaklah seseorang yang tinggal di rumahnya saat terjadi Tha’un dalam keadaan sabar dan mengharapkan pahala serta yakin tidak ada yang menimpanya kecuali yang telah ditetapkan oleh Allah maka dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang syahid” (HR. Bukhari, Nasai dan Ahmad)

Rasulullah bersabda ; “Orang yang mati syahid ada 5 yaitu : orang yang mati karena wabah ( Tha’un ) , orang yang mati karena sakit perut, orang yang mati karena tenggelam, orang yang mati karena tertimpa reruntuhan, dan orang yang mati di jalan Allah ” ( HR. Bukhari dan Muslim).

***********

Penulis: Ustadzah Dr. Aan Rohanah Lc. M.Ag 

Demikian Semoga Bermamfaat…
@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel: www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here