Kita semua mempunyai cita-cita untuk masa depan yang lebih gemilang. Namun, ada kalanya cita-cita yang ingin kita raih terpaksa kandas ditengah jalan. Banyak penyebab kegagalan dalam meraih cita-cita. Misalnya ternyata tidak sesuai dengan bakat dan minat, Sering kali guru atau orang tua kita mengajukan pertanyaan ini “Kalau sudah besar mau jadi apa?”. Pertanyaan masa kecil yang masih melekat di ingatan kita, bukan? Mungkin kita akan merasa bosan karena kita terus dijejali dengan pertanyaan tersebut.

Tetapi ada makna dibalik pertanyaan tersebut yang mungkin hanya sebagian orang yang tahu. Pertanyaan tersebut telah mengingatkan kita bahwa manusia lahir di dunia tidak hanya dilahirkan begitu saja tetapi memiliki tujuan penting yang dibawanya. Sehingga hidupnya terarah dan mencapai tujuan itu. Walaupun waktu itu kita masih kecil dan belum tahu apa-apa tetapi orang tua telah mengarahkan kita melalui pertanyaan tersebut. Dengan berjalannya waktu cita-cita dan passion dapat bergeser sesuai dengan tingkat kedewasaan seseorang.

Tidak jarang beberapa orang memiliki cita-cita yang berbeda waktu sekarang dengan waktu mereka masih kecil. Hal tersebut bukanlah masalah besar selama cita-cita dan passion itu masih positif untuk dilakukan. Yang menjadi masalahnya adalah banyak orang yang terhambat atau malah mengalami kegagalan untuk mencapai cita-citanya. Itu yang membuat orang-orang takut untuk mewujudkan impiannya. Banyak faktor yang menjadi penghambat mencapai cita-cita kita baik itu dari dalam diri kita sendiri maupun dari luar diri kita yang tanpa kita sadari hal tersebut dapat memengaruhi impian kita.

Menjadi sukses adalah impian setiap orang, termasuk saya saya sendiri. Arti kata sukses menurut saya adalah ketika seseorang berhasil meraih mimpi atau cita-citanya dengan proses dan kerja keras untuk menggapai hal tersebut.

Untuk menggapai sebuah mimpi atau cita-cita banyak orang yang mulai mencoba dan kemudian berhasil, tetapi tidak sedikit juga yang telah mencoba, bekerja keras, dan berhenti di tengah jalan karena merasa semua usaha untuk menggapai impiannya telah gagal. Kegagalan demi kegagalan telah banyak menguras energi dan membuat semangat perlahan-lahan memudar serta membuat putus asa.

- Advertisement -

Kegagalan adalah sebuah proses menuju kesuksesan, itu yang banyak saya dengar, tetapi berapa kali kegagalan untuk membuat proses tersebut berhasil? Jawaban yang tepat menurut saya adalah dengan terus mencoba sampai berhasil dan dapat melalui kegagalan demi kegagalan dengan kesabaran dan meyakinkan diri bahwa hal tersebut adalah sebuah proses yang harus di jalani.

Kunci sukses semua orang pasti sudah hafal, diantaranya jangan pernah menyerah dan berhenti sebelum menyelesaikan sesuatu, baik itu pekerjaan, usaha dan hal-hal lain. Kunci untuk menggapai sebuah kesuksesan sebenarnya sederhana, hanya saja begitu sulit untuk dilakukan dengan berbagai alasan. Untuk menggapai sebuah kesuksesan di perlukan keyakinan dan keteguhan hati yang sangat kuat, bukan hanya itu semua hal yang menghambat jalan menuju kesuksesan harus benar-benar dapat di selesaikan dengan baik. Dengan begitu kesuksesan bukan hal yang mustahil untuk di raih, dan berikut adalah beberapa hal yang harus di lewati untuk menggapai sebuah kesuksesan.

  • Atasi Semua Permasalahan

Masalah akan selalu ada dan tidak akan pernah habis, hal itu juga adalah sebuah proses dalam pendewasaan diri kita. Setiap permasalahan yang telah di lewati dengan baik akan membentuk seseorang menjadi lebih baik dan lebih bijak dalam menghadapi permasalahan yang akan datang selanjutnya.

Setiap masalah yang tidak diselesaikan dengan baik dapat menimbulkan permasalahan baru, sehingga masalah tersebut melebar dan akan melemahkan keberenaian dan kesungguhan diri kita dalam menggapai suatu impian atau cita-cita. Untuk menghadapi dan menyelesaikan sebuah masalah diperlukan ketenangan, dengan ketenangan masalah akan mudah dihadapi dan di selesaikan dengan baik. Beberapa masalah yang dihadapi, mungkin saja berasal dari satu masalah yang belum tuntas, untuk itulah ketenangan sangat di perlukan untuk melihat dan mencari akar dari berbagai permasalahan yang kita hadapi.

  • Memotivasi Diri Sendiri

Motivasi sangat diperlukan untuk menggapai sebuah kesuksesan, dengan memotivasi diri dapat memacu semangat untuk terus berusaha dalam menggapai sebuah mimpi dan cita-cita. Motivasi sangat penting, terutama yang berasal dari dalam diri. Cara memotivasi diri agar dapat mencapai sebuah kesuksesan adalah dengan memikirkan hal-hal positif dan terus meyakinkan diri bahwa impian tersebut akan dapat di raih.

Jangan pernah memikirkan hal negatif dan mengatakan hal negatif ke dalam diri kita, dengan kata dan pikiran negatif tersebut akan melemahkan dan membuat kita lebih mudah menyerah, apalagi jika mendapat saat sebuah masalah yang sulit untuk dihadapi. kata-kata negatif yang kita ucapkan tanpa kita sadari akan sedikit demi sedikit mengikis keyakinan kita untuk dapat meraih sebuah kesuksesan.

Setiap orang memiliki motivasi tertentu untuk mencapai cita-citanya, entah untuk sebuah ketenaran, menghasilkan uang banyak, atau mungkin membahagiakan keluarganya. Kita tak akan pernah tahu tujuan seseorang mengejar cita-citanya. Seseorang langkahnya akan terhambat bila ia memiliki motivasi yang tidak benar untuk mencapai cita-citanya, misalnya untuk balas dendam, hidup foya-foya, kesombongan, dan lain sebagainya. Kesuksesan tidak akan pernah kita capai jika kita masih memiliki motivasi yang tidak benar tersebut yang hanya mementingkan diri sendiri.

Seorang motivator hebat adalah seseorang yang mampu menumbuhkan motivasi, membangkitkan motivasi dalam dirinya, motivasi dalam diri kita sangat dibutuhkan salah satu caranya adalah mengingat perjuangan orang tua kita, yang telah bekerja keras sehingga kita bisa sekolah dan kuliah, setiap tetesan keringat keluar dari tubuh orang tua kita untuk biaya sekolah. Seseorang yang berjuang untuk ingin sukses tentunya mereka ingin membahagiakan kedua orang tua mereka. Motif sangat berpengaruh dalam tumbuhnya sebuah motivasi dengan melihat latar belakang kita dengan segala keterbatasan, namun dengan hal itu ketika kita ingin mempelajarinya maka itu akan menjadi sebuah motivasi yang membara, sebagaimana membaranya sebuah api.

  • Sabar Dan Teruslah Berusaha

Sabar bukanlah menunggu sebuah keajaiban dan tidak melakukan sesuatu, Sabar adalah terus berusaha dengan ikhlas dan menyerahkan semua hasil dari usaha kita kepada Allah . Seberat apapun pekerjaan, lakukan hal tersebut dengan tekun, ikhlas dan penuh dengan kesabaran dengan begitu saya yakin bahwa Allah  akan selalu ada dan memberikan jalan bagi kita untuk menggapai sebuah kesuksesan. Saya percaya bahwa sabar adalah salah satu jalan menuju kesuksesan: Sebagaimana ayat yang terdapat didalam Al-Qur’an:

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”. (QS: Al-Baqarah; 153).

Hal di atas beberapa cara atau kunci paling sederhana namun cukup sulit dilakukan, godaan dan masalah yang datang tanpa henti seakan membujuk kita untuk menyerah dan berhenti, tetapi saya yakin dengan dapat mengatasi masalah, memotivasi diri, sabar dan terus berusaha akan memberikan hasil yang baik. Menjadi sukses adalah sebuah pilihan, tergantung dari pribadi kita masing-masing dalam menentukan jalan untuk menuju kesuksesan.

Satu hal yang paling mendasar dalam mencapai cita-cita kita adalah campur tangan dari Allah. Bagaimana kita dapat mencapai cita-cita kita jika kita terlalu sibuk dengan meningkatkan kemampuan kita dan melupakan Allah ? Hal ini yang dapat membuat kita gagal mencapai impian kita karena kita terlalu fokus dengan diri kita sendiri. Kita harus menyadari bahwa talenta dan kemampuan yang kita miliki datangnya dari Allah . Jika Anda ingin sukses maka dekatkanlah diri anda kepada yang Memberi kesuksesan. Karena melupakan Allah , tidak taat kepada-Nya, tidak mengikuti perintah dan larangan-Nya. Maka yakinlah kesuksesan akan sulit untuk kita dapatkan.

  • Attitude Yang Kurang Baik

Attitude adalah sikap atau kepribadian yang kita miliki dalam kehidupan yang

telah kita pelajari dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat melakukan sikap kita semaunya, kita memiliki etika dalam berprilaku karena kita merupakan mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Kita harus memiliki attitude yang baik agar kita dapat diterima di dalam masyarakat.

Bukan hanya kemampuan dan pengetahuan menjadi penilaian seseorang terhadap diri kita, tetapi juga sikap dan sifat kita tak luput dari penilaian mereka juga. Untuk mencapai cita-cita tidak hanya mengandalkan kemampuan kita tetapi kita juga harus memperhatikan sifat dan perilaku kita. Percuma jika memiliki kemampuan yang baik tetapi sikap kita sangat kurang, misalnya kita sering membuat orang lain tersinggung atau kita sering merugikan orang lain. Hal ini yang dapat menghambat mewujudkan cita-cita kita walaupun kemampuan kita sudah mampu untuk menggapainya. Bukan hanya cita-cita yang belum terwujud tetapi kita juga kehilangan orang-orang di sekitar kita yang senantiasa mendukung kita yang disebabkan oleh attitude kita yang kurang baik tersebut.

Begitu pula dengan pengaruh yang lainya, seperti halnya pergaulan yang kurang tepat akan menghambat langkah kita untuk mencapai cita-cita kita. Boleh saja kita memiliki banyak teman tanpa melihat latar belakang mereka, tetapi jika kita ingin berhasil untuk mencapai cita-cita, bergaullah dengan orang-orang yang memiliki passion dan impian yang sama juga. Bukan maksud kita membeda-bedakan teman dalam bergaul, melainkan lebih kepada kualitas pertemanan tersebut, kita juga harus mendapat keuntungan dalam pertemanan tersebut.

“Siapa yang Allah Ta’ala ingingkan kebaikan padannya, niscaya akan diberikan pemahaman agama ini.” (HR. Bukhari & Muslim)

***********

Bersambung, Insya Allah…

Penulis: Muhammad Akbar, S.Pd
(Penulis Buku, Aktivis Media Islam, Pimpinan Mujahid Dakwah Media, Pendiri Madani Institute dan Pembina Daar Al-Qalam)

Sumber: Buku Meraih Kesuksesan dalam Benih Kegagalan

Demikian Semoga Bermamfaat…
@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel: www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here