Setiap harinya, begitu banyak orang yang sibuk mencari pekerjaan. Pekerjaan yang katanya untuk menjamin kehidupannya. Bisa jadi anda pun termasuk salah satu diantara mereka. Namun pernahkah anda memikirkan lebih dalam, pekerjaan seperti apa yang ingin kita geluti? Jika dikaji lebih dalam lagi, apa dampak pekerjaan itu bagi kehidupan pribadi dan orang-orang sekeliling anda?

Pekerjaan bukanlah hal yang selalu hanya bersandar pada uang. Tapi jauh lebih mulia dari itu, manfaat dan keberkahan untuk pribadi dan orang-orang disekitar anda harus menjadi pertimbangan utama ketika memilah dan memilih pekerjaan. Banyak yang menjadikan uang sebagai prioritas, sehingga manfaat dan keberkahan menjadi nomor kesekian bahkan tersingkirkan dalam tujuan bekerja. Bahkan prinsip hidup dan harga diri yang terinjak-injak menjadi sesuatu yang dibiarkan. Hal ini bisa menyebabkan kualitas diri anda mengalami penurunan. Karena tujuan anda bekerja akan sangat mempengaruhi bagaimana anda bersikap dan berfikir.

Memang kaca mata manusia berbeda-beda dalam memberi penghargaan kepada orang lain. Ada yang menghargai anda karena kekayaan, jabatan, atau karena paras yang anda miliki. Namun hal tersebut belum tentu membuat anda bahagia secara utuh.

Jika anda sedang mencari pekerjaan, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Sejalan dengan prinsip hidup

Hal ini sangat penting jika anda ingin menjalani sebuah pekerjaan. Karena ketenangan dan kenikmatan bekerja akan dapat anda rasakan jika sesuai dengan prinsip hidup anda. Jika anda memaksakan diri untuk mengambil pekerjaan yang berlawanan dengan prinsip hidup anda, maka dihati anda hanya akan terasa sesak setiap kali anda bekerja. Tertekan, tentu hal yang akan terus menemani anda. Maukah anda merasakan hal itu karena hanya ingin mendapatkan uang yang banyak? Jika iya, sungguh menyedihkan.

2. Bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri

Hal selanjutnya yang patut anda perhatikan adalah, pekerjaan itu harus meningkatkan kualitas pribadi anda. Artinya anda bekerja sekaligus mempelajari hal baru yang meningkatkan pemahaman dan kedewasaan anda. Pekerjaan yang bisa mewujudkannya adalah pekerjaan yang selalu memiliki tantangan. Setiap kita melewati tantangan itu, maka semakin bertambah kualitas pribadi anda.

Banyak orang yang justru mencari pekerjaan yang santai. Apalagi jika ditambah “jaminan” masa tua. Orang seperti ini akan mendapati dirinya menjadi pribadi yang sama pada hari ini dengan hari-hari yang akan datang. Bahkan bisa jadi lebih buruk.

3. Memiliki andil dalam perbaikan umat dan bangsa

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah peran pekerjaan anda dalam memperbaiki orang-orang sekeliling anda, bahkan lebih luas lagi untuk umat dan bangsa. Karena anda sebagai makhluk sosial tentu memiliki sifat kepedulian, sebagaimana anda ingin orang lain peduli kepada diri anda. Apalagi jika anda adalah seorang ayah atau ibu dari anak-anak anda, bahkan sudah memiliki cucu. tentu kita menginginkan mereka semua tumbuh dan berkembang dengan baik. berada pada lingkungan yang baik, berkawan dengan orang yang baik, dan hidup dengan kehidupan yang baik. Semua akan saling terkait dengan kondisi umat dan bangsa hari ini dan yang akan datang.

Olehnya bekerja pada hal yang memiliki peran dalam perbaikan umat dan bangsa hari ini dan dimasa yang akan datang, adalah sesuatu yang mulia dan bermanfaat untuk orang-orang sekitar anda. Orang-orang yang hanya memikirkan uang dalam bekerja, bisa sampai tidak memikirkan hal ini karena sifat individualistik yang dimunculkannya.

Anda tidak akan mendapatkan pertimbangan jumlah uang yang akan dapatkan dalam memilih pekerjaan pada tulisan ini. Karena nilai kebaikan yang anda berikan kepada diri dan orang sekitar anda dari pekerjaan yang anda geluti terlalu mahal jika hanya ingin dinilai dengan uang.

**********

Demikian Semoga Bermamfaat…
@Wallahu ‘alam bishowab…

Penulis: Ustadz Erwin Ardiansyah, S.Pd
(Pengurus DPW Wahdah Islamiyah Sumatera Utara)

Artikel: www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)

_______________________________

@Yuk Dukung MUJAHID DAKWAH dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH (0719501842) An. Akbar
  • KONFIRMASI DONASI hubungi : 0852-9852-7223
🖥 DONASI MUJAHID DAKWAH MEDIA

Baca Selengkapnya : https://mujahiddakwah.com/2018/09/donasi-mujahid-dakwah-media