MUJAHIDDAKWAH.COM, MEDAN – BMH sebagai Lembaga Zakat Nasional berbasis Ormas dibawah Hidayatullah terus berkomitmen melakukan berbagai hal kontributif pada bangsa dan negara ini. Sehingga menjadi penting melakukan ragam kegiatan yang mendorong terciptanya peran tersebut.

Sebagai upaya mempertegas kontribusi kepada bangsa yakni senantiasa bekerjasama melahirkan pegiat dakwah atau dai yang siap terjun dan ditugaskan membina masyarakat di pelosok dan pedalaman Indonesia khususnya wilayah Sumatera Utara dan Aceh.

Bertempat di Asrama Haji Medan, Kamis (31/10/19) dilaksanakan kegiatan Training Dai-Daiyah. Acara yang di rangkai dengan Upgrading ini di ikuti 63 dai-daiyah di wilayah Sumatera Utara dan Aceh. Secara resmi dibuka oleh Kakanwil Kenang Sumatera Utara H. .. yang diwakili oleh Kabid Penais H. Kamaluddin Siregar, MA.

Hadir dalam kegiatan tersebut ketua Pembina Laznas BMH sekaligus Ketua DPP Hidayatullah DR. Nashirul Haq, LC,MA. Ketua DPW Hidayatullah Sumut Lukman Hakim, M.HI. GM BMH Sumut yang diwakili Manager Prodaya Zul Irfan Mendrofa, Ketua Pos Dai Hidayatullah Ibnu Rusydi dan Ketua Mushida Sumut Ibu Atun.

Dalam sambutannya, H. Kamaluddin menuturkan terimakasih yang tak terhingga dengan terselenggaranya kegiatan semacam ini. Karena menurutnya program semacam ini juga bagian dari program pemerintah yang diamanahkan melalui Kemenag. Namun sejak 2016 kami tak lagi mengadakan karena terkendala dengan berbagai hal. Syukurlah BMH dengan semua jaringannya dapat melakukannya”. Ujarnya penuh semangat. “Diluar sana banyak kali saudara kita yang butuh pendampingan dan pembinaan agar dapat tercerahkan aqidahnya dan terawat keimanannya. Disini peran penting seorang Da’i”. Tambahnya lagi.

“Hajatan yang kali pertama diadakan oleh BMH Perwakilan Sumut ini akan dilaksanakan selama 4 hari diikuti oleh peserta dari 18 kab/kota di Sumatera Utara. Penginapan peserta dan ruang pelaksanaan kami konsentrasikan di Asrama Haji”. Terang Irfan Mendrofa, Manager Program dan Pemberdayaan BMH Sumut.

Secara terpisah, Lukman A Muthalib selaku General Manager BMH Sumatera Utara menambahkan bahwa kegiatan ini adalah upaya strategis BMH dalam mendukung dan menyiapkan sumber daya tangguh untuk terlibat berkontribusi memberikan sumbangsih peran terhadap berbagai problem bangsa saat ini. Lulusan dari kegiatan ini tidak hanya bertambah wawasan dan metodologi dakwahnya namun juga mereka memiliki kepekaan sosial dan budaya yang tinggi. Kelak mereka di lokasi tugas tidak hanya berceramah melalui mimbar namun juga aktif bersama masyarakat di berbagai aspek kegiatan. Mengajar di ruang kelas, bermuamalah, bertukang dan bertani. Mereka hadir diberbagai lini kegiatan hidup masyarakat binaannya.

Dalam kesempatan ini, BMH melalui Kemenag menyerahkan secara simbolis Kafalah Dai

Kontribusi berupa amanah zakat dan sedekah yang dititipkan melalui BMH, dengan sekuat standart syariat berupaya dimaksimalkan agar memberi peran yang besar kepada masyarakat. Sehingga pun dapat berharap melalui zakat dan sedekah tersebut mudah mengalirkan pahala dan berkah serta memberi kemanfaatan yang luas dan berjangka panjang.

Terimakasih semua para donatur yang telah mendukung berbagai program BMH dan Hidayatullah terutama kegiatan Training Da’i ini. Selamat berjumpa di program selanjutnya.

BukaMall Carnival

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here