MUJAHIDDAKWAH.COM, MAKASSAR – Jumlah kasus bencana kebakaran di Indonesia kembali bertambah. Kali ini Si jago merah menghanguskan gunungan sampah yang terletak di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Minggu (15/9/2019).

Relawan Wahdah Peduli dari ormas Islam Wahdah Islamiyah yang melakukan kegiatan assesmen melalui wakil ketuanya Muhammad Syukri Turusi mengatakan, penyebab kebakaran belum diketahui pasti.

Namun menurut data yang didapatkan tim Wahdah Peduli, kebakaran terjadi sejak pukul 12 siang, hingga melibatkan 12 mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Dinas Pemadam Kebakaran kota Makassar.

“Pemadaman ini sedikit sulit karena area kebakaran yang cukup luas serta paparan kebakaran yang cukup dalam karena menyasar tumpukan sampah yang tidak diketahui kedalaman apinya,” tutur Syukri panggilan akrabnya.

Dia menambahkan, relawan yang hadir berusaha membantu petugas Damkar walaupun hanya dengan membantu menyebarkan informasi tentang aktivitas pemadaman api.

“Kemungkinan pemadaman ini akan terus diusahakan, apalagi telah mendekat ke pemukiman warga. Ditakutkan jangan sampai titik-titik api berjumpa dengan hembusan angin di siang hari,” tambah dia.

Alumni Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin ini menambahkan, petugas Damkar sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat, khususnya makanan dan minuman untuk menyuplai energi mereka.

Petugas rescue Dinas Damkar kota Makassar, Boby menuturkan kepada tim relawan, laporan kebakaran ini diterima pihaknya satu jam setelah peristiwa terjadi. Hal ini menurut dia menyebabkan api terlanjur menyebar ke beberapa titik.

“Dari tadi siang non stop kami upayakan pemadamannya pak. Sumber air seluruh mobil Alhamdulillah berjarak dekat dengan lokasi sehingga mempercepat mobilisasi upaya pemadaman,” ujar dia.

Dalam pemaparan Syukri relawan Wahdah Peduli, asap telah membumbung tinggi menghiasi langit kota Makassar, bahkan sudah mengganggu aktivitas masyarakat.

Menurut dia, dikhawatirkan jika upaya pemadaman lamban atau tidak mendapatkan dukungan, Makassar akan siaga asap seperti yang terjadi saat ini di beberapa daerah di Indonesia.

Laporan: Rustam Hafid

BukaMall Carnival

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here