Madani Institute didirikan secara resmi tanggal 19 Mei 2019 / 14 Ramadhan 1440 H. Lembaga ini lahir sebagai respon terhadap berbagai permasalahan ummat yang dipandang masih jauh dari cita-cita peradaban masyarakat madani. Madani Institute awalanya adalah komunitas diskusi kuliah pemikiran Islam yang akhirnya memutuskan untuk membentuk lembaga formal independen.

Madani Institute juga lahir sebagai bagaian kecil dari usaha untuk menumbuhkembangkan corak berpikir Islamic worldview sehingga diharapakan akan menjadi bagian tegaknya masyarakat Madani (kota yang berperadaban)

Awal perjalanannya dengan melakukan diskusi-diskusi terkait permasalahan yang dihadapi umat saat ini. Kondisi di era modern, tantangan umat semakin nyata, dengan berbagai problem serta peradaban barat yang ingin memaksakan nilai-nilai luhurnya untuk diterapkan dalam kehidupan umat Islam.

Ghazwul Fikr adalah masalah umat di era modern saat ini. Benih-benih pemikiran sekuler, liberal, pluralisme, feminisme dll. Tersebar luas dalam lingkup kehidupan umat secara konfrehensif. Utamanya pada generasi muda di berbagai jenjang pendidikan. Secara point tergambarkan sebagai berikut.

Amar Ma’ruf dan Nahi Mungkar Problematika umat yang kompleksPengembangan Tsaqofah IslamiyahKurangnya Lembaga Islam yang Fokus pada Kajian Intelektual dan RisetRendahnya Budaya Literasi Umat

Madani Institute, sebuah kekuatan yang dimilikinya karena sosok pejuangnya adalah para pemuda.

Mereka berkumpul untuk menyatukan hati dan pikiran, agar pentingnya membentuk lembaga dalam menjawab tantangan umat yang dihadapi saat ini, khususnya dalam tantangan Ghazwul Fikr.

Kegiatan awal Madani Institute adalah melakukan Seri Kuliah Adab dengan pembahasan Kitab Ta’lim Al Muta’aalim dan program Madani Islamic Forum.

Secara personal para pendiri Madani Institute adalah pemuda dengan berbagai latar belakang pendidikan, ada sebagai tenaga pengajar, dokter, mahasiswa, pengusaha dll.

Dalam kiprahnya kedepan Madani Institute diharapkan sebagai lembaga yang mengambil bagian dalam menjawab tantangan umat yang dihadapi saat ini.

Melahirkan generasi terbaik dan masyarakat berperadaban dengan menghidupkan tradisi-tradisi keilmuan, Islamic Worldview, literasi, sains dll.

Dalam ruh dan ikhtiarnya, Madani Institute berupaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas perjuangannya serta tetap konsen dalam ikhtiar perjuangan dakwahnya dalam melahirkan masyarakat berperadaban.

Semoga Allah memberikan kemudahan dalam setiap perjuangan kita untuk menegakkan kebenaran-Nya.

Muhammad Akbar, S.Pd
(Pendiri & Humas Madani Institute)

BukaMall Carnival

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here