MUJAHIDDAKWAH.COM, MEKAH – Menteri Dalam Negeri Saudi Pangeran Abdul Aziz bin Saud bin Naif menyampaikan ucap[an selamat Idul Adha kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman dan mengucapkan selamat kepada mereka atas keberhasilan pelaksanaan ibadah Haji tahun ini, Saudi Press Agency melaporkan.

Pangeran Abdul Aziz berterima kasih kepada raja karena telah melayani para jamaah dan memberikan mereka semua fasilitas dan layanan yang dibutuhkan. Sekitar 2,5 juta peziarah melakukan haji tahun ini dan semua langkah-langkah yang dilakukan oleh otoritas dan lembaga berhasil.

“Saya mengucapkan selamat kepada Anda atas keberhasilan yang dicapai pada musim haji tahun ini, dalam penerapan arahan yang bijaksana dan mempersiapkan semua layanan dan fasilitas bagi para jamaah untuk melakukan ritual ibadah dengan mudah, nyaman, aman dan tenang, termasuk inisiatif Rute Makkah yang diluncurkan tiga tahun lalu,” ujarnya.

Musim haji tahun ini ditandai dengan keberhasilan implementasi semua rencana keamanan, pencegahan, organisasi, layanan dan lalu lintas.

Jemaah haji tiba di Arafah, Nafra, Muzdalifah dan Mina hingga Jamarat (tempat para peziarah melempari batu) dan berbondong-bondong ke Masjidil Haram untuk melakukan Tawaf Al-Ifadah dan menyelesaikan ritual ibadah haji mereka dengan lancar.

Situasi keamanan tetap stabil dan tidak ada insiden yang mengganggu jamaah, kata Pangeran Abdul Aziz.

Menteri Luar Negeri Ibrahim Al-Assaf juga mengatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi telah memanfaatkan semua kemampuan dan sektor-sektornya untuk melayani para tamu Allah dan menyediakan segala cara untuk memfasilitasi pelaksanaan ibadah mereka dengan mudah dan tenang, bertanggung jawab melayani umat Islam di semua negara di dunia tanpa perbedaan atau diskriminasi.

Gubernur Mekah Pangeran Khalid Al-Faisal juga mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman karena telah mengawasi layanan yang ditawarkan kepada para jamaah selama haji tahun ini.

Pangeran Khalid mengatakan bahwa semua orang Saudi bangga dengan upaya yang dilakukan untuk membantu para jamaah selama mereka tinggal di Arab Saudi.

Gubernur Makkah mengatakan bahwa lebih dari 350.000 orang telah bekerja untuk memberikan dukungan dan layanan bagi para jamaah.

Dia juga mengatakan bahwa 35.000 sukarelawan, ditambah 120.000 personel keamanan, 30.000 praktisi kesehatan dan 200.000 pekerja dari sektor lain, telah berkontribusi pada keberhasilan musim haji ini.

Menteri Kesehatan Dr. Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah juga mengatakan bahwa rencana kesehatan haji untuk tahun ini berhasil dan tidak ada kemungkinan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat. (ameera)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here