Usut Kematian Ratusan Petugas KPPS, Muhammadiyah Bentuk Tim Mitigasi Kesehatan

0
98

MUJAHID DAKWAH.COM – Ormas Islam Muhammadiyah mengundang Bawaslu RI membentuk Tim Mitigasi Kesehatan untuk menyikapi jumlah petugas KPPS yang meninggal. Ketua Majelis Hukum dan Ham Muhammadiyah, Trisno Raharjo mengatakan bahwa acara ini sudah dikategorikan Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Ini berangkat dari terus bertambahnya petugas Pemilu yang meninggal. Bagaimana hasil kajian kami ini sudah dikategorikan sebagai kejaian luar biasa, ” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Jumat (10/05/2019).

Trisno juga membahas tentang tim ini nanti akan melakukan penilaian terhadap penyelenggaraan pemilu 2019. Menurutnya, banyak yang perlu dipertimbangkan terkait dengan waktu perhitungan suara.

“Tapi semua evaluasi dan perencanaan bisa dijawab kompilasi kita semua melakukan pengecekan untuk semua petugas yang datang dan sakit,” ucapnya.

Selain dari sisi kesehatan, tim ini juga akan mengkaji soal peraturan. Jadi, kata dia, kita melihat ke belakang melihat aturan yang ada.

“Yang kemudian kita cocokkan dengan petugas KPPS, jadi sakit dan meninggal,” paparnya.

Dari Muhammadiyah sendiri, lanjutnya, kita ada tiga majelis. Yaitu Majelis Hukum dan Ham, Majelis Kesehatan dan Majelis Pendidikan Tinggi. Pihaknya juga melibatkan seluruh rumah sakit dan fakultas kedokteran Muhammadiyah.

“Maka, kami berharap Bawaslu RI berkenan atas ajakan kami. Kalau mereka menolak, kami harus memeriksakan, ”pungkasnya.

Sumber: Kiblat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here