MUJAHID DAKWAH.COM – Pada hari keenam bulan Ramadhan tahun 223 Hijriyah kaum muslimin menaklukkan Kota ‘Ammuriyah. Sebab penaklukan kota ini adalah karena tersiarnya kabar yang sampai ke Khalifah al-‘Abbasy bahwa 100.000 tentara romawi yang dipimpin oleh Kaisar Romawi (Theofile/Theophilos) telah menyerbu benteng Zibathroh (Isparta) kota kaum muslimin, menghabisi setiap laki-laki di kota tersebut, merampas harta benda mereka dan menyandera para wanita dan anak-anak.

Seorang wanita keturunan Bani Hasyim yang ditawan oleh Kaisar Romawi penguasa ‘Ammuriyah ketika itu berteriak meminta tolong, “Wahai Mu’tashim”. Kaisar itu pun berkata kepadanya dengan mengejeknya, “al-Mu’tashim tidak akan datang menyelamatkanmu kecuali dengan mengendarai ablaq (kuda belang berwana hitam-putih)”.

Kabar itu pun sampai kepada al-Mu’tashim, maka seketika itu dia segera menyiapkan segala perlengkapan perang, bersiap-siap dengan persiapan yang belum pernah dilakukan oleh Khalifah sebelumnya. Ketika para prajurit telah berkumpul, berangkatlah al-Mu’tashim menuju Kota ‘Ammuriyah, dia menyatukan barisan para prajuritnya, hingga berhasil mengepung ‘Ammuriyah dan menaklukkannya. Kemudian memasuki kota tersebut menghabisi para musuh disana, menangkap dan menyandera mereka. [al-Fakhry fi al-Adab al-Sulthaniyah wa al-Duwal al-Islamiyah, hlm. 227].

Dari peristiwa ini terdapat beberapa pelajaran diantaranya adalah:

Kepemimpinan dan jabatan tidaklah digunakan untuk bersenang-senang saja atau hanya untuk meraup keuntungan tertentu dengan memanfaatkan kepemimpinan dan kewenangan, akan tetapi kepemimpinan adalah rasa tanggung jawab dan pengorbanan baik waktu, tenaga, harta dan jiwa.
Pemimpin yang benar adalah pemimpin yang tidak ridha dengan kemungkaran, kekeliruan dan kezaliman. Dia akan segera tergerak untuk memperbaikinya atau merubahnya secara langsung tanpa menunda-nunda.

***********

Sumber: panduanramadhan.com

Demikian Semoga Bermamfaat…

@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel : www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here