MUJAHID DAKWAH.COM – Pada hari kelima di bulan Ramadhan yang penuh berkah tahun 93 Hijriyah yang bertepatan dengan tanggal 14 Juni tahun 712 Masehi, Musa bin Nushair menyeberangi selat Jabal Thariq menuju Spanyol, bertindak sebagai seorang jendral dari sebuah pasukan dengan dukungan 18.000 prajurit, sebagian besar mereka berasal dari suku arab dengan tujuan menyelesaikan misi penaklukan Andalusia.

Sebuah misi yang sudah dimulai sebelumnya oleh Thariq bin Ziyad atas perintah dari pimpinannya yaitu Musa bin Nushair. Thariq bin Ziyad memimpin 12.000 prajurit yang kebanyakan mereka dari suku Barbar.

Dia berhasil sampai di Thulaithulah (Toledo) ibukota Spanyol kala itu setelah melalui rentetan peperangan, diantaranya yang pertama dan yang terberat adalah perang Wadi Lakkah (Guadelete) yang berlangsung selama 8 hari, dimulai sejak tanggal 28 Ramadhan tahun 92 Hijriyah hingga berakhir tanggal 6 Syawal di tahun yang sama dengan kemenangan telak bagi kaum muslimin melawan pasukan al-Quth (Ghoth), yang menurut salah satu riwayat menyebutkan bahwa jumlah mereka lebih banyak yaitu 100.000 prajurit dan dipimpin oleh Raja Spanyol Ludzriq (Roderick). [al-Tarikh al-Andalusy, Dr. ‘Abd al-Rahman ‘Ali al-Hajjy, hlm. 69 dan al-Hullah al-Siyara’, Ibn al-Abbar, Jilid 2, hlm. 333].

***********

Sumber: panduanramadhan.com

Demikian Semoga Bermamfaat…

@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel : www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)

BukaMall Carnival

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here