Allah subhanahu wata’ala menciptakan semua lelaki yang ada di dunia ini dengan kepribadian yang berbeda – beda. Salah satu perbedaan kepribadian yang mereka miliki yaitu kepribadian mereka dalam hal keimanan dan ketakwaan terhadap Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagian dari mereka ada yang memiliki tingkat keimanan yang tinggi dan ada pula yang rendah.

Dari sisi itulah dikatakan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala membedakan antara lelaki yang satu dengan lelaki yang lainnya untuk mengetahui siapa saja diantara mereka yang termasuk kedalam golongan lelaki pilihan. Karena semua lelaki pilihan sudah tentu lelaki, tapi tidak semua lelaki itu dapat dikatakan sebagai lelaki pilihan. Lelaki pilihan itu mempunyai pengertian, ciri – ciri dan keutamaan tersendiri.

Lelaki pilihan adalah lelaki yang memiliki sikap dan kepribadian yang sesuai dengan ketentuan Al- qur’an dan hadits serta selalu senantiasa memakmurkan masjid – masjid Allah subhanahu wa ta’ala.

Lelaki pilihan itu mempunyai ciri – ciri yaitu selalu ingat kepada Allah subhanahu wa ta’ala dimanapun mereka berada, selalu menghindari perilaku dan perkataan yang buruk, mampu mengendalikan hawa nafsu, tidak pernah menjerumuskan dirinya dan orang lain ke hal yang tidak baik, tidak akan menyia – nyiakan waktu dan tetap menepati janji serta terutama lelaki yang senantiasa selalu memakmurkan masjid – masjid Allah subhanahu wa ta’ala.

Disamping itu selain pengertian dan ciri – ciri, lelaki pilihan pula mempunyai keutamaan yang sungguh luar biasa dan tidak dimiliki oleh lelaki yang lainnya. Adapun keutamaannya sebagai contoh lelqki pilihan itu ialah lelaki yang memakmurkan masjid – masjid Allah subhanahu wa ta’ala. Dan ketika Allah subhanahu wa ta’ala menjadikan kita termasuk orang yang ringan langkahnya menuju masjid setiap waktu dikumandangkan adzan, maka berbahagialah bagi para lelaki pilihan.

Karena, dijanjikan di dalam Al-Qur’an bahwa berilah kabar gembira kepada orang – orang yang berjalan ditengah kegelapan malam menuju masjid Allah subhanahu wa ta’ala dengan cahaya yang sempurna di hari kiamat. Dan mereka tidak diperbudak oleh keindahan dunia yang fanah karena mereka meletakkan dunia di tangannya bukan di hatinya.

Sehingga, dikatakan lelaki pilihan. Ditambah lagi, lelaki pilihan itu juga memiliki keutamaan yang istimewa selain dihadapan Allah subhanahu wa ta’ala yaitu dihadapan sesama umat manusia di dunia utamanya menjadi salah satu lelaki idaman atau impian bagi para wanita muslim tentunya untuk mendapatkan seorang suami yang merupakan lelaki pilihan. Karena seburuk – buruknya wanita, mereka pasti menginginkan pendamping yang baik.

Jadi, lelaki pilihan itu memiliki keistimewaan yang begitu indah dan luar biasa dibandingkan dengan lelaki yang lainnya. Selain memiliki keistimewaan dihadapan Allah subhanahu wa ta’ala, mereka pula memiliki keistimewaan dihadapan sesama umat manusia yang ada di dunia.

************

Bulukumba, 20 Maret 2019

Penulis: Maulidiana Subhan
(Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Bulukumba dan Kontributor Mujahid Dakwah.Com) ‎

Demikian Semoga Bermamfaat…
@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel : www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)