Kitab Al-Iman

Bab 12: Bagian dari keimanan yaitu siapa yang benci kembali kepada kekufuran seperti dia benci dilempar ke dalam neraka.

Hadis 20

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلَاوَةَ الْإِيمَانِ مَنْ كَانَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَمَنْ أَحَبَّ عَبْدًا لَا يُحِبُّهُ إِلَّا لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ وَمَنْ يَكْرَهُ أَنْ يَعُودَ فِي الْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنْقَذَهُ اللَّهُ مِنْهُ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُلْقَى فِي النَّارِ.

Dari Anas bin Malik dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Tiga (perkara) yang apabila ada pada diri seseorang, ia akan mendapatkan manisnya iman: Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya dari selain keduanya. Dan siapa yang bila mencintai seseorang, dia tidak mencintai orang itu kecuali karena Allah ‘azza wajalla. Dan siapa yang benci kembali kepada kekufuran seperti dia benci bila dilempar ke neraka”.

Fawaid Hadits:

1. Hadis ini telah disebutkan oleh Imam Bukhari pada hadis nomor 15.

2. Hal yang membedakan hadis ini dengan hadis nomor 15 adalah jalur periwayatannya/sanad hadis ini sampai ke Anas bin Malik radiyallahu ‘anhu yang berbeda. Hal ini penting karena terkadang ada hadis-hadis yang diperselisihkan riwayatnya dan perawinya, atau untuk menjelaskan bahwa hadis tersebut memiliki jalur yang lain, dan alasan-alasan lainnya.

3. Merupakan bagian dari keimanan apabila seseorang mendapati dirinya benci untuk kembali kepada kekufuran sebagaimana ia benci jika dilempar ke dalam neraka.

***********

Penulis: Ustadz Rahmat Badani, Lc., MA

(Dosen STIBA Makassar, Alumni Islamic University of Madinah & Kontributor Mujahid Dakwah.Com)

Demikian Semoga Bermamfaat…

@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel : www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)

BukaMall Carnival

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here