Kitab Al-Iman

Bab 10: Bagian dari Agama Islam adalah Menghindar dari Fitnah.

Hadis 18

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوشِكُ أَنْ يَكُونَ خَيْرَ مَالِ الْمُسْلِمِ غَنَمٌ يَتْبَعُ بِهَا شَعَفَ الْجِبَالِ وَمَوَاقِعَ الْقَطْرِ يَفِرُّ بِدِينِهِ مِنْ الْفِتَنِ.

Dari Abu Sa’id Al Khudri bahwa dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Hampir saja terjadi (suatu zaman) harta seorang muslim yang paling baik adalah kambing yang digembalakannya di puncak gunung dan lembah-lembah, dia pergi menghindar dengan membawa agamanya disebabkan takut terkena fitnah”.

Fawaid Hadits:

1. Hadis ini menjelaskan salah satu keadaan yang akan terjadi pada akhir zaman kelak, dimana seorang mukmin yang iltizam terhadap agamanya akan mendapati bahwa melarikan dirinya dan agamanya adalah jalan terakhir untuk mendapatkan keselamatan dari banyaknya fitnah dan ujian kala itu.

2. Menyelamatkan diri dan agama dari fitnah yang mengepung seseorang dari segala penjuru adalah perbuatan yang disyariatkan dalam agama Islam. Berdasarkan firman Allah:
“Dan peliharalah dirimu dari fitnah yang tidak hanya menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksa-Nya.” (QS. Al-Anfal 8: Ayat 25)

3. Imam Nawawi mempersoalkan penggunaan hadis ini untuk judul bab-nya. Karena bukanlah sebuah kemestian bahwa berlari bersama agama seseorang adalah merupakan bagian dari ajaran agama, akan tetapi perbuatan tersebut merupakan bentuk penjagaan terhadap agama seseorang.

4. Ibnu Hajar rahimahullah berkata bahwa hadis ini akan disebutkan pula dalam kitab Al Fitan (fitnah-fitnah) yang lebih cocok pembahasannya.

***********

Penulis: Ustadz Rahmat Badani, Lc., MA

(Dosen STIBA Makassar, Alumni Islamic University of Madinah & Kontributor Mujahid Dakwah.Com)

Demikian Semoga Bermamfaat…

@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel : www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)

BukaMall Carnival

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here