Kitab Al-Iman

Bab 9: Tanda-tanda keimanan adalah mencintai sahabat Anshar

Hadis 16

عِنْ أَنَسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ آيَةُ الْإِيمَانِ حُبُّ الْأَنْصَارِ وَآيَةُ النِّفَاقِ بُغْضُ الْأَنْصَارِ.

Dari Anas dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Tanda iman adalah mencintai (kaum) Anshar dan tanda nifaq adalah membenci (kaum) Anshar”.

Fawaid Hadits:

1. Lafadz “ayat” maknanya adalah “alamat” yaitu tanda sebagaimana ditafsirkan oleh Imam Bukhari dengan judul bab hadis ini.

2. Al Anshar adalah bentuk jamak dari lafadz Nashir yang artinya penolong. Al Anshar adalah orang-orang yang berasal dari suku Khazraj dan suku Aus yang menolong dan memberikan perlindungan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tatkala beliau diusir oleh kaumnya.

3. Sebagian ulama menjelaskan makna hadis ini menunjukkan bahwa tanda orang yang beriman adalah mencintai kaum anshar, sedang tanda kemunafikan adalah membenci kaum anshar.

4. Ulama lainnya menjelaskan bahwa hadis ini berisi peringatan atas orang-orang beriman untuk mencintai kaum anshar dan tidak membencinya.

5. Setiap orang yang menolong agama Allah, akan mendapatkan kemuliaan yang tinggi di sisi Allah. Para sahabat dari Anshar telah memperolehnya karena menolong Rasulullah dan agama Allah, hingga mencintai mereka menjadi tanda keimanan sedang membenci mereka adalah tanda kemunafikan.

***********

Penulis: Ustadz Rahmat Badani, Lc., MA

(Dosen STIBA Makassar, Alumni Islamic University of Madinah & Kontributor Mujahid Dakwah.Com)

Demikian Semoga Bermamfaat…

@Wallahu ‘alam bishowab…

Artikel : www.mujahiddakwah.com (Menebar Dakwah dengan Al-Qur’an dan Sunnah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here