بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Banyak keindahan dalam hidup manusia yang bisa dimiliki, dan ciri dari keindahan itu punya daya tarik; maka banyak orang ingin memiliki keindahan, karena itu sangat menarik bagi siapa saja.

Keindahan wajah maupun bentuk tubuh, merupakan keindahan pertama yang membuat orang tertarik. Misalnya melihat orang berwajah rupawan, dan memiliki bentuk tubuh ideal. Orang mudah pada tertarik keindahan wajah dan bentuk.

Keindahan perhiasan untuk penampilan percaya diri, agar membuat orang semakin tertarik bahkan kagum; merupakan keindahan kedua, memiliki daya tarik luar biasa, sehingga orang mau membeli perhiasan dengan harga sangat mahal.

Keindahan perilaku, manusia merupakan keindahan lapis ketiga dan lebih mendalam, karena yang indah perilakunya; bukan sekadar keindahan rupa, bentuk, maupun penampilan dari perhiasan, maka keindahan jenis ini sangat berharga.

Keindahan yang paling indah adalah keindahan batin kendati batin yang indah tidak bisa terlihat seperti keindahan lainnya; karena batin yang indah merupakan sumber dari segala keindahan.

Orang yang batinnya indah perilakunya menjadi indah, demikian juga indahnya batin akan menjadi perhiasan untuk penampilan, dan daya tariknya melebihi dari keindahan rupa maupun bentuk
rupawan.

Allah subhanahu wata’ala berfirman:

وَلَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْهُمْ زَهْرَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ ۚ وَرِزْقُ رَبِّكَ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ

“Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. Dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal. (QS. Thaha : 131).

Begitu indah ciptaan Allah subhanahu wata’ala, yang telah menciptakan manusia dan alam sekitarnya dengan berbagai keindahan itulah seharusnya menjadi muhasabah bagi setiap hamba yang dengan dapat menambah kecintaan dan ketaatan beribadah kepada Allah subhanahu wata’ala.

Wallahu ‘alam bishowab…

Ahukum,
Pena An-Nawawi – Muhammad Akbar, S.Pd
(Penulis Buku “Meraih Kesuksesan dalam Benih Kegagalan” Teacher, Ceo Mujahid Dakwah Media dan Founder Mujahid Dakwah.Com)

♻ Sukseskan Gerakan :
Pemuda Muslim Menulis
📚 Literasi Meraih Peradaban

Tinggalkan Balasan