بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيم

Buku “Ensiklopedi Hadits-Hadits Hukum” ini merupakan kumpulan hadits-hadits dalam masalah hukum yang dirangkum dari kitab-kitab induk hadits yang mu’tabar, seperti Musnad Imam Ahmad, Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim, As-Sunan, Al-Mustadarak, As-Sunan Al-Kubra, dan yang lainnya.

Dalam buku ini penulis merangkum 1320 hadits yang disusun secara maudhu’i [tematik] sesuai dengan pembahasan fikih yang meliputi pembahasan tentang thaharah [bersuci], shalat, jenazah, zakat, ghasab dan syuf’ah, faraid [warisan] dan wala’, nikah, mahar, talak, ruju’, ila’, zhihar, sumpah, li’an, penyusunan, nafkah, jinayah, diyat, hudud, peradilan, persaksian, pengobatan dan sebagainya.

Buku ini mencakup pembahasan yang lengkap namun disajikan dengan ringkas. Metode yang dipilih oleh penulis sangat memudahkan pembaca ketika mengkajinya, karena hadits-hadits yang ada ditampilkan secara sistematis dan tematik. Kelebihan buku ini, selain penulis menerangkan kedudukan dan kwalitas hadits dari segi shahih, hasan dan dhaifnya, juga dilengkapi dengan syarah dan tahqiq oleh Abdul Mannan Abdul Latif Al-Madani (Peneliti di Pusat Kajian Islam Al-Allamah bin Baz di Universitas Imam Ibnu Taimiyyah India). Sehingga, pembaca dapat mengambil intisari dan faedah dari setiap hadits yang ada.

Tidaklah berlebihan sekirannya buku ini masuk dalam daftar referensi yang patut dimiliki oleh setiap muslim, thalibul ilmi [penuntut ilmu], guru, da’i dan siapa saja yang ingin menambah wawasannya dalam memahami hadits-hadits Nabi.